Sering Bikin Rancu dengan Patin, Segini Harga Ikan Dori Hidup di Pasaran

Ikan Dori - www.ikanesia.idIkan Dori - www.ikanesia.id

Sejak beberapa waktu belakangan, sosok dori memang terus menimbulkan perdebatan. Beberapa orang mengira bahwa dori yang biasa dikemas dalam wujud fillet dan dibekukan itu berasal dari dori hias layaknya yang ada di film animasi Finding Nemo. Namun sebagian orang menyanggah bahwa dori yang beredar di Indonesia sebenarnya merupakan ikan patin yang hidup di tawar. Setelah dikemas sedemikian rupa, ikan dori fillet tersebut menjadi lebih mahal dibanding patin yang masih segar.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo belum lama ini mengungkapkan bahwa ikan dori adalah bagian dari ikan patin, bukan ikan John Dory yang hidup di laut. “Dori sebetulnya itu sama dengan patin. Tapi umum mengetahui kalau namanya dori itu produk dari luar. Yang produk Indonesia kita lebih sering menyebutnya dengan patin,” ujar Edhy, seperti dilansir Detik.

Di daerah tertentu seperti Palembang, Edhy mengatakan jika ikan patin kerap diolah menjadi menu khas yakni pindang ikan patin. Tetapi, di restoran ikan patin diolah jadi menu fish and chips. “Dari rasa juga ikan patin sangat gurih, di kampung saya ikan patin jadi pindang yang rasanya sangat khas. Jadi ikan dori itu adalah ikan patin,” ucapnya.

Di jual beli harga ikan dori atau patih segar hidup dibanderol sekitar Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per ekor. Ketika sudah dikemas dalam bentuk fillet frozen, harga ikan dori per 1 kg antara Rp35 ribuan hingga Rp50 ribuan.

Sedangkan ikan dori (Blue Tang) yang mirip seperti di film Finding Nemo saat ini lebih banyak dipelihara sebagai ikan hias. Dibanding ikan hias pada umumnya, harga ikan laut berwarna kombinasi biru, hitam, dan kuning ini memang relatif mahal, berkisar antara Rp50 ribu – Rp80 ribu (size T) hingga Rp200 ribu untuk size L (large).

Sebagai informasi, dori atau Lettersix adalah ikan laut yang punya duri tajam di siripnya dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena di tubuhnya berisi racun. Sedangkan dori yang banyak dijual di pasaran dalam wujud fillet tersebut sebenarnya merupakan merek dari produsen ikan asal Vietnam. Banyak orang salah mengira bahwa “dori” merupakan nama ikan.

Loading...