Corak Tubuhnya Indah, Harga Channa Red Barito Bisa Tembus Jutaan Rupiah

Channa Red Barito - marulioides.comChanna Red Barito - marulioides.com

Sejak beberapa waktu belakangan ikan hias jenis channa maru begitu di kalangan penghobi. Ada banyak jenis channa maru yang dipelihara oleh penggemar ikan hias, salah satunya seperti channa maru red barito. red barito di pasaran pun beragam, bisa mencapai jutaan untuk ikan yang usianya dan corak tubuhnya indah.

Menurut penelusuran di jual-beli , harga channa red barito asli dari Kalimantan Tengah 5-6 cm saja Rp130 ribu per ekor. Kemudian channa maru red barito panjang 7-8 cm Rp170 ribu, ukuran 18-20 cm harganya Rp600 ribu, ukuran 30 cm Rp1 juta, red barito 40 cm full bunga Rp2,5 juta, dan red barito red eye bisa mencapai Rp3,75 juta per ekor. Luar biasa sekali bukan?

Menurut salah seorang penghobi ikan hias, Muhammad Arfa Maulana, ikan channa termasuk keluarga ikan gabus yang memiliki mental bagus. Artinya, ikan channa tak terlalu takut pada manusia seperti ikan pada umumnya. memelihara ikan channa juga menurut Arfa tak terlalu sulit, ia hanya perlu memastikan bahwa air di akuarium selalu bersih. Sedangkan untuk pakan ikan channa biasanya ia memberikan makanan berupa cacing atau pelet premium. “Gampang kok dapet pakannya, di -toko ikan hias pasti ada. Harganya juga murah,” tutur Arfa, seperti dilansir Kumparan.

Sedangkan menurut Bambang Kurniawan, salah satu pegawai di toko ikan hias di Sleman mengatakan bahwa ikan channa sebenarnya lebih tepat disebut predator karena termasuk dalam keluarga snakehead. “Bukan (ikan hias), predator itu,” jelas Bambang.

Bambang menambahkan, ikan channa yang paling banyak dicari adalah jenis maru red sampit, red sentarum, dan yellow sentarum. Maru red sampit adalah jenis yang paling mahal, karena untuk ukuran 20-an cm harganya dapat mencapai Rp400 ribu. Sedangkan yang paling murah adalah jenis yellow sentarum, yaitu kisaran Rp150 ribu untuk ukuran yang sama.

Selain ukuran, faktor lain seperti warna, corak, dan mental juga sangat menentukan harga channa maru. Biasanya channa baru mulai terlihat corak warnanya ketika usia memasuki 5 atau 6 bulan. “Biar warnanya keluar PH air harus diperhatikan betul. Maru itu kan dari air gambut, jadi kadar PH-nya yang rendah,” tutupnya.

Loading...