Diburu Pencinta Ikan Hias, Segini Harga Channa Maru Kuning

Ikan Channa Maru Kuning - www.ikantani.comIkan Channa Maru Kuning - www.ikantani.com

JOGJA/BANJARMASIN – Saat ini, salah satu ikan yang sedang tren di kalangan pencinta ikan hias adalah channa maru kuning. Pasalnya, selain punya yang elok, ini juga dikatakan punya mental yang bagus alias tidak terlalu takut pada manusia. Di pasaran dalam negeri, harga channa maru kuning yang sudah dewasa dan punya warna menarik, bisa mencapai jutaan per ekor.

Jika Anda menelusuri sejumlah situs jual beli online, sudah banyak pemilik yang menawarkan ikan channa maru kuning. Untuk varian dengan kecil, berkisar 9 hingga 10 cm, harganya sekitar Rp20 ribuan per ekor, sedangkan harga channa maru yellow sentarum 7 sampai 9 cm mulai Rp25 ribuan per ekor. Jika sudah dewasa dengan lebih dari 40 cm, Rp650 ribu per ekor, bahkan ada yang menawarkannya dengan banderol Rp1,5 juta hingga Rp2 jutaan per ekor.

Mungkin, banyak yang heran kenapa harga ikan yang masih satu kerabat dengan ikan gabus itu bisa mahal. Menurut Dosen Departemen Perikanan UGM, Triyanto, dilansir dari Kompas, sama seperti ikan cupang dan ikan hias lainnya, channa bisa dilepas dengan harga mahal karena corak, warna, serta perilaku binatang tersebut.

“Sama halnya barang seni, ikat itu pada saat banyak penggemarnya, harganya naik. Harga channa bisa mahal karena warna, batikannya, dan perilakunya,” ujar Triyanto. “Karena itu, orang-orang yang memelihara channa itu biasa memberi makannya tidak setiap hari, agar ikan itu bisa mengejar makanannya.”

Salah satu ikan hias, Muhammad Arfa Maulana, mengaku sudah memiliki empat ekor ikan channa, yakni dua ekor channe jenis yellow sentarum, asiatica, dan pulchra. Dilansir dari Kumparan, kala itu, ia membeli ikan channa dengan harga sekitar Rp20 ribu untuk ukuran 6 sampai 7 cm. “Selain karena memang sedang tren, corak ikan channa ini juga bagus,” tutur Arfa.

Sementara itu, menurut Bambang Kurniawan, salah satu pegawai toko ikan hias di Sleman, mengatakan bahwa ikan channa saat ini memang menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling banyak dicari. Dikatakannya, jenis ikan channa yang sering diburu adalah jenis maru red sampit, red sentarum, serta yellow sentarum. Manu red sampit menjadi yang termahal dengan harga Rp400 ribu untuk ukuran 20 cm.

Loading...