Harga Cuma Ratusan Ribu Rupiah, Berikut Spesifikasi HP Rino5 yang Mirip Smartphone Flagship

hp Opsson Rino5 - id.carousell.comhp Opsson Rino5 - id.carousell.com

Sejak beberapa tahun belakangan, handphone jenama China makin populer di Indonesia. Tak hanya diisi -brand besar seperti Oppo, Xiaomi, Vivo, Huawei, dan sebagainya, ada juga beberapa merek yang mungkin masih di telinga Tanah Air. Misalnya saja hp Opsson Rino5 Pro. HP dengan spek yang diklaim “selangit” ini kabarnya merupakan tiruan dari OPPO Reno5. Meski spesifikasinya diklaim begitu luar biasa, nyatanya hp Rino5 dengan yang jauh lebih murah.

Menurut penelusuran di beberapa jual-beli , harga hp Rino 5 untuk pengiriman langsung dari China berkisar mulai Rp717 ribuan sampai Rp735 ribuan per unit, dengan pilihan Purple British, Purple European, Black British, Black US, Blue British, Purple US, Black European, Blue European, hingga Blue US. Sedangkan untuk smartphone Rino5 yang sudah berstatus ready stock di Indonesia harganya terpaut sedikit lebih mahal, yakni antara Rp825 ribu sampai Rp888 ribuan.

Berdasarkan klaimnya, hp Opsson Rino5 Pro memiliki spek yang mirip seperti ponsel flagship, di antaranya layar 5.8” HD, RAM 4GB, ROM 64GB, kamera 8 MP + 16 MP, OS Android 9.1, prosesor MTK6750 10 Core, dual SIM card, baterai 4800 mAh lithium ion, dan sudah didukung dengan 4G LTE. Luar biasa sekali bukan?

Namun, pada kenyataannya banyak review di Indonesia yang mengatakan bahwa hp ini “zonk” alias spek aslinya tidak sesuai dengan apa yang tertulis. Beberapa ada yang terkendala dengan fitur kamera yang resolusinya kurang baik. Kemudian ada juga yang mengatakan bahwa hp Rino5 ini mati total setelah diinstall aplikasi tertentu, ada yang mengeluhkan layar sentuhnya yang tidak responsif atau lambat, IMEI tidak terdaftar, atau bahkan kesulitan untuk membuka dan menginstal aplikasi dari PlayStore.

“Ini kamera depannya cuma 1 MP, kamera belakangnya itu 5 MP. Kemudian resolusi layarnya itu 720P, terus RAM-nya itu cuma 512 MB, terus ROM-nya atau internalnya itu cuma 1,3 GB. Jadi pantesan kalau ini hp lemot banget, apalagi enggak responsif sama sekali,” kata review salah seorang pengguna di YouTube.

Loading...