Diklaim Tingkatkan Laju Pertumbuhan Ikan, Berapa Harga Hormon FGS?

Peneliti dari Institut Pertanian Bogor menciptakan inovasi Fishgrow Stimulant (FGS) atau hormon pertumbuhan ikan

budidaya di Indonesia masih sering terhambat oleh laju pertumbuhan yang lambat. Pertumbuhan sendiri bisa dipengaruhi oleh berbagai . Untuk membantu para pembudidaya di Indonesia, peneliti dari Institut Pertanian Bogor, Dr Alimuddin pun menciptakan inovasi Fishgrow Stimulant (FGS) atau hormon pertumbuhan yang diklaim mampu meningkatkan laju pertumbuhan sampai 2-3 kali lipat. Sayangnya, sampai saat ini banyak orang kesulitan menemukan berapa banderol dari hormon FGS buatan IPB tersebut.

“Kami mengembangkan suatu bahan yang bisa memacu pertumbuhan ikan dengan hormon pertumbuhan yang diproduksi melalui bakteri,” ujar Dr Alimuddin, pengajar dari Departemen Budidaya Perairan, Fakultas dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB, seperti dilansir dari Republika.

Alimuddin mengaku sengaja mengembangkan hormon FGS tersebut karena melihat latar belakang Indonesia yang mempunyai beragam ikan dengan harga mahal, namun pertumbuhannya relatif lambat. Misalnya saja ikan gurame yang harus menunggu lebih dari 1 tahun untuk memperoleh ikan yang siap jual. “Saat FGS diberikan pada ikan gurame, ikan sidat, dan ikan nila ternyata hasilnya bagus,” jelas Alimuddin.

Untuk memperoleh FGS, Alimuddin mengaku memakai metode recombinant growth hormone (rGH) karena dianggap dapat memberi perbaikan genetik sebesar 200%. Mekanisme kerja FGS secara langsung dapat menginduksi diferensiasi sel-sel prekursor terkait fungsi fisiologi (metabolisme lemak, karbohidrat, suplai nitrogen pada organisme masa pertumbuhan, dan lain-lain. “Dan hasil secara tidak langsung adalah mampu meningkatkan produksi IGF-I pada sel-sel yang berdiferensiasi & IGF-I di hati,” terangnya.

Adapun cara aplikasi FGS pada benih ikan adalah dengan cara direndam air dengan dosis 3-23 mg dan ditambahkan pada pakan dengan dosis 3-30 mg/kg. FGS diklaim akan meningkatkan efisiensi pakan hingga lima kali lipat dan menurunkan produksi ikan.

Sayangnya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga hormon FGS buatan IPB ini rupanya belum banyak dipublikasikan. Bahkan untuk menemukan produk di situs-situs jual besar pun masih sulit. Namun untuk gambaran, dari data IPB sendiri mengenai fish grow stimulant ini menghabiskan biaya lebih dari Rp10 jutaan.

Kemudian sebagai bahan perbandingan, harga hormon untuk ikan di beberapa situs jual-beli dibanderol di kisaran Rp90 ribuan (untuk pembesaran ikan) hingga mencapai Rp500 ribuan. Harga hormon pertumbuhan ikan dapat berbeda-beda di setiap tempat.

Loading...