Alat Musik Eksklusif, Harga Harpa Besar Bisa Mencapai Puluhan Juta Rupiah

Alat Musik Eksklusif HarpaAlat Musik Eksklusif Harpa

Harpa adalah alat musik petik yang memiliki alunan suara sangat indah. alat musik ini bervariasi, ada yang kecil hingga besar. Meski populer di luar negeri, orang yang sanggup memainkan harpa di mungkin tidak banyak. Selain membutuhkan dalam bermain, harga alat musik harpa memang tidak bisa dibilang murah.

“Harpa merupakan instrumen yang mempunyai asosiasi kuat dengan ‘malaikat’ dan ‘surga’, sebagaimana Alkitab menyebutkannya dalam puluhan ayat,” kata Sisca, salah satu pemain harpa asal Bandung.

Di situs jual beli , harga harpa besar dalam kondisi bekas (second) saja bisa mencapai Rp78 juta untuk harpa single pedal 37 strings 7 pedal. Kemudian harpa 27 senar Salvi Juno harganya mencapai Rp27,5 juta. harga alat musik ini pula yang tampaknya menjadi salah satu mengapa tak banyak orang yang belajar memainkan harpa.

Pemain harpa di Tanah Air pun bisa dihitung dengan jari, beberapa di antaranya ada Maya Hasan, Heidi Awuy, Usy Pieters, hingga Rama Widi. Alat musik senar berbentuk segitiga ini memang tampaknya lebih familier di negara-negara Eropa.

Seorang harpis muda lainnya bernama Lisa Gracia Supadi berpendapat bahwa harpa adalah alat musik yang apik serta membawa kedamaian untuk para pendengarnya. “Saya sempat merasa malas untuk bermain musik, tapi saat melihat harpa saat umur sembilan tahun saya kembali semangat,” ujar Lisa.

Lisa mengakui bahwa kesulitan bermain harpa terletak pada bagian pedalnya. Rupanya ada 7 pedal di bagian bawah harpa yang tidak terlihat oleh penonton. “Saat harus memainkan lagu yang banyak sekali akan sedikit sulit menyinkronkan tangan dan kaki sambil memainkan tujuh pedal,” beber Lisa.

Nah, jika tertarik untuk belajar main harpa, saat ini sudah ada beberapa pengrajin harpa di Indonesia. Belajar bermain harpa bisa dimulai dari harpa yang kecil terlebih dahulu, baru kemudian secara bertahap memainkan harpa berukuran besar. Harga harpa besar di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, apalagi jika memesannya secara custom order.

Loading...