Mulai Langka, Harga Hand Sanitizer untuk Rumah Sakit pun Melambung

Memakai Hand Sanitizer - whaleshares.ioMemakai Hand Sanitizer - whaleshares.io

Sejak menyatakan ada dua negara yang terserang virus , masyarakat mulai panik membeli masker hingga hand sanitizer untuk mencegah penularan virus mematikan tersebut. Bahkan saat ini hand sanitizer mulai dari yang botol kecil hingga hand sanitizer untuk rumah sakit mengalami kenaikan yang tidak wajar.

Sebagai contoh, Aseptic Gel OneMed dijual dengan harga mulai Rp225 ribu hingga Rp345 ribu per botol isi 500 ml. Lalu ada juga merek hand sanitizer alcohol-based Cosmo Med seharga Rp238 ribu isi 500 ml, Goodhealth hand sanitizer alkohol 70% harganya Rp158 ribuan per botol ukuran 500 ml, hand sanitizer Technode botol spray 100 ml harganya Rp110 ribu, hingga merk Braun Softa Man 500 ml dijual dengan harga antara Rp170 ribu hingga Rp295 ribu per botol.

Di tengah kepanikan masyarakat dalam membeli hand sanitizer ini, Epidemilog sekaligus Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (PP IAKMI), Syahrizal Syarif mengaku maklum. “ saja mati, apalagi virus yang struktur fisiknya jauh lebih rentan dibandingkan dengan ,” kata Syarif, Selasa (3/3), seperti dikutip dari Kompas.

Namun, Syarif mengimbau masyarakat untuk tidak perlu khawatir jika persediaan hand sanitizer di mulai langka. Menurutnya mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun pun sama efektifnya dalam menghilangkan bakteri dan virus. Terlebih karena akses terhadap air mengalir dan sabun pun kini lebih mudah daripada hand sanitizer.

Meski demikian, apabila masyarakat tetap ingin memakai antiseptik untuk menjaga kebersihan tangannya dari virus dan bakteri, maka bisa mempertimbangkan penggunaan alkohol sebagai alternatif. Syarif menjelaskan, alkohol yang bisa menggantikan hand sanitizer adalah alkohol yang mempunyai konsentrasi 75%.

Pemakaian alkohol 75% menurutnya tak akan menyebabkan alergi pada . Supaya lebih praktis, masyarakat pun bisa mengemas alkohol 75% dalam sebuah botol spray atau semprot. Dengan demikian masyarakat bisa menyemprotkannya ke tangan sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Selain itu, penyemprotan alkohol juga tak akan mengurangi konsentrasi pada alkohol itu sendiri.

Loading...