Dapat Dipakai untuk Dinding atau Partisi, Harga Gypsum Board 12mm Variatif

Gypsum board (sumber: goldunited.com)Gypsum board (sumber: goldunited.com)

gipsum atau gypsum board selama ini mungkin kurang begitu diandalkan oleh ketika membangun rumah. Padahal sebenarnya satu ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan selain menutup plafon atau membuat fitur-fitur ornamen sederhana yang ada di dalam rumah. Gypsum board pun tersedia dalam berbagai ukuran ketebalan, mulai dari 4 mm, 9 mm, hingga 12 mm, dengan yang variatif pula.

PM Technical Board PT Petrojaya Boral Plasterboard Donny Libra menjelaskan, selain di tempat tinggal, papan gipsum pun dapat digunakan sebagai partisi antar ruang di gedung-gedung bertingkat seperti rumah sakit, apartemen, perkantoran, dan hotel. Bahkan menurutnya, jika dibandingkan dengan bata ringan ternyata gypsum board memiliki ketahanan yang lebih tangguh bila difungsikan sebagai partisi.

Yang lebih menarik lagi, gypsum board mempunyai beragam spesifikasi khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya papan gipsum dengan fitur tahan api, tahan lembap, tahan gema, hingga papan gipsum yang mampu meredam suara. Technical Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard Indra Budi Wibowo menambahkan, gypsum board juga menawarkan beragam keuntungan. Apabila semakin besar , makin besar pula keuntungan yang didapatkan penggunanya. “Papan gipsum sepuluh kali lebih ringan daripada bata ringan,” ujarnya.

Tingkat keringanan material ini dinilai penting untuk suatu . Pasalnya, dalam beberapa kasus bencana gempa bumi ternyata seringkali korban tewas bukan karena gempa itu sendiri, melainkan karena korban tertimpa reruntuhan dinding rumahnya. “Setiap satu meter persegi papan gipsum Soundstop kira-kira memiliki berat 11 kg. Jauh berbeda dari dinding batu bata yang per meter perseginya mencapai 250 kg, sementara bata ringan mencapai 100 kg,” bebernya.

Proses pemasangan gypsum board pun kabarnya lebih cepat dibanding bata ringan. “Pemasangan papan gipsum lebih cepat enam kali daripada pemasangan dinding bata. Itu pun dengan mengesampingkan curing time. Memasang dinding bata perlu dua minggu antara plester dan aci. Sementara, memasang papan gipsum tidak perlu lama seperti itu,” ucapnya.

Adapun harga gypsum board 12 mm di pasaran sangat beragam, tergantung mereknya. Misalnya gypsum board Knauf 12 mm seharga Rp69.500 per , gypsum Jayaboard 12mm Rp98 ribu, gypsum Aplus Indogyps 12 x 1200 x 2400 mm Rp68 ribu, gipsum Soundstop Jayaboard kedap suara 12 mm Rp135 ribu, gypsum Elephant Board 12mm Rp90 ribu, dan masih banyak lagi.

Loading...