Harga Gula Pasir Satu Karung Masih Mahal, Patokan HET Belum Terpenuhi

Harga Gula Pasir Satu Karung

Sejak bulan Maret 2017 lalu, pemerintah melalui Perdagangan telah menetapkan acuan (HET atau eceran tertinggi) untuk gula pasir konsumsi sebesar Rp12.500 per kg, baik di modern maupun tradisional. Namun, masih banyak penjual yang menawarkan gula dengan Rp13.000 per kg, karena mereka harus membeli satu karung gula isi 50 kg dari agen seharga Rp570.000 sampai dengan Rp585.000.

sebenarnya masih sulit untuk menjual gula pasir sesuai dengan harga patokan tersebut, lantaran harga gula sudah sejak dibeli dari distributor,” ujar Haji Ari, salah satu sembako di Pasar Klender, Jakarta Timur. “Selain itu, juga harus menambah sejumlah ongkos sebelum gula dijual secara eceran ke .”

Ari sendiri mengaku bahwa dirinya saat ini menjual gula pasir yang telah dibungkus dalam kemasan bening dengan harga Rp14.000 per kg. Menurutnya, susah kalau menjual dengan harga Rp12.500 per kg, karena dirinya masih harus membeli dan juga membayar ongkos angkut. “Saya sendiri membeli gula pasir dengan harga Rp585.000 untuk satu karung berisi 50 kg,” sambung Ari.

Sementara itu, dalam salah satu kunjungannya di Pasar Baru yang berada di Wahid Hasyim, Cilegon, beberapa waktu lalu, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, juga menemukan masih ada beberapa pedagang yang menjual gula pasir di atas harga patokan per kilogram. Mereka menjual gula dengan harga mulai Rp13.000 per kg kepada konsumen.

Pedagang setempat mengatakan bahwa mereka membeli gula dari agen seharga Rp570.000 untuk satu karung berisi 50 kg gula. Jika dirata-rata, harga gula pasir 1 kg dari agen berkisar Rp11.400. Apabila pedagang menjualnya dengan harga Rp12.500 per kg, mereka berpendapat tidak akan bisa mengembalikan modal.

Harga gula pasir satu karung berisi 50 kg sendiri sebenarnya bervariasi, tergantung merek gula dan juga pasokan. Gula pasir GMP Putih dijual dengan harga berkisar Rp450 ribuan per karung, sedangkan gula pasir GMP Kuning dibanderol mulai Rp410 ribuan per karung. Untuk gula pasir merek Gulaku, ditawarkan dengan harga mulai Rp400 ribuan per karung.

Loading...