Dikemas Lebih Praktis, Harga Gula Aren Bubuk Relatif Murah

Gula Aren Bubuk - ngopi88.comGula Aren Bubuk - ngopi88.com

JAKARTA – aren, atau lebih dikenal dengan nama merah meski sebenarnya sedikit berbeda, ternyata tidak hanya hadir dalam bentuk potongan silinder atau bulat. Sekarang, sudah tersedia aren dalam bentuk sehingga lebih praktis. Diklaim berasal dari nira murni, gula aren ini sekarang dijual dengan mulai ribuan hingga puluhan ribu rupiah, tergantung kemasan.

Tidak sulit menemukan gula aren bubuk, Anda bahkan bisa membeli dapur ini di berbagai situs jual beli online. Gula aren bubuk merk Nanica kemasan 250 gram misalnya, dijual dengan harga Rp20 ribuan, sedangkan gula aren merk Goolaka ditawarkan dengan harga Rp32 ribuan untuk kemasan 1 kg. Ada pula merk Corona dengan harga Rp7.300 untuk kemasan 250 gram, Timurasa 500 gram dengan harga Rp25 ribuan, serta merk Aneka Desa dengan harga Rp6.200 untuk kemasan 100 gram.

Umumnya, gula aren sering disamakan dengan gula merah. Padahal, meski terlihat mirip, keduanya punya perbedaan. Gula merah, sering juga disebut gula Jawa, dibuat dari nira yang keluar dari batang palem atau kelapa. Sementara, gula aren terbuat dari nira aren atau enau. Aroma gula aren pun lebih kuat, dengan warna cokelat yang terlihat lebih gelap.

“Gula merah lebih cocok untuk dijadikan campuran pemanis pada masakan, misalnya untuk sambal agar rasanya tidak terlalu pedas atau pewarna beras ketan untuk wajik,” tulis Tribun Jogja. “Sementara, gula aren lebih cocok dijadikan saus untuk atau seperti bubur sumsum karena tanpa pemanis tambahan, rasa manisnya sudah pas.”

Di Indonesia sendiri, ada banyak daerah yang memiliki potensi untuk mengembangkan produksi gula aren. Sinjai di Sulawesi Selatan misalnya, saat ini tengah menggenjot gula aren, menjadikannya gula bubuk. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi penggunaan gula pasir. “Misalnya, pasar kita di Makassar seperti kantor dan perhotelan, umumnya sudah beralih ke gula aren,” tutur Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa.

Loading...