Harga Variatif, Gudeg Kering Jadi Oleh-Oleh Favorit Saat Liburan ke Jogja

Gudeg kering Yu djumGudeg kering Yu djum oleh-oleh kuliner khas Yogyakarta - ksmtour.com

Pelesir ke rasanya tidak lengkap jika belum mencicipi lezatnya kuliner khas , yakni gudeg. Masakan yang terbuat dari nangka muda dengan perpaduan rasa manis dan gurih ini kerap jadi buruan para ketika berlibur. Tak heran jika penjual gudeg tersebar di berbagai sudut Jogja. Pada dasarnya gudeg sendiri terdiri dari beberapa , yakni gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar. gudeg tersebut bervariasi, tergantung jenisnya.

Nah, dari sekian jenis gudeg tersebut, rupanya gudeg kering yang cukup banyak dibeli oleh wisatawan. Alasannya sederhana, karena gudeg kering relatif lebih tahan lama disimpan dibandingkan gudeg basah. Meski gudeg basah maupun gudeg manggar pun memiliki cita rasa yang juga tak kalah lezat.

Salah satu gudeg paling legendaris di Jogja adalah Gudeg Yu Djum. Di satu ini pengunjung bisa mencicipi seperti apa lezatnya gudeg kering yang dipadukan dengan krecek serta berbagai lauk pauk seperti ayam, telur, rempela ati, dan lain-lain. Tak hanya bisa dinikmati di warungnya, Gudeg Yu Djum juga bahkan tersedia di Go-Food untuk memudahkan para pelanggan dalam menikmati Gudeg Yu Djum.

“Saat Go-Food muncul, mulai tahun 2016 kami langsung daftar sehingga pecinta gudeg Yu Djum gampang pesan,” kata Badai Permadani, cucu atau generasi ketiga Yu Djum, seperti dilansir Tempo. Badai menjelaskan, berkat adanya jasa pemesanan online tersebut, omzet keluarganya ini mengalami peningkatan 2-3 kali lipat setiap hari. Jika hari biasa angka penjualan sebesar 300-400 porsi, maka saat bisa mencapai lebih dari 1.000 porsi.

Badai berpendapat, di zaman sekarang ini usaha yang hanya mengandalkan kunjungan langsung ke outlet akan kalah bersaing meski kuliner itu basisnya tetap dibuat secara tradisional. “Toh tak ada yang berubah dari Gudeg Yu Djum, semua memasaknya masih memakai kayu bakar dan memanasinya pakai arang,” ungkapnya.

Harga gudeg kering Yu Djum ini variatif. Untuk paket besek setidaknya ada beberapa pilihan dengan harga berkisar mulai dari Rp30 ribu hingga Rp230 ribu per besek. Pelanggan bebas memilih lauk dalam paket, mulai dari paha, dada, kepala, atau sayap ayam, telur, hingga ampela ati.

Loading...