Pilihan Bahan Ada Beragam, Harga Grill Penutup Saluran Air Variatif

Grill Penutup Saluran Air - solusiruma.comGrill Penutup Saluran Air - solusiruma.com

Selokan atau perlu diberi penutup supaya sampah tidak mudah masuk ke dalamnya. Penutup air atau yang biasa disebut dengan istilah grill/gutter ini umumnya dirancang dengan bentuk berongga atau berlubang-lubang supaya tidak menghalangi aliran air menuju selokan. grill penutup ada bermacam-macam. banderolnya pun , tergantung desain, ukuran, dan bahan dari grill itu sendiri.

Di umumnya ada grill cover saluran yang terbuat dari stainless steel, cor (cast iron), hingga yang terbuat dari fiber. Adapun harga grill penutup saluran berbahan stainless steel hollow dengan harga Rp700 ribu untuk ukuran 3 cm x 3 cm, dengan tebal 1 mm (100 cm x 25 cm). Ada juga grill cover ukuran 40 x 50 cm dari bahan siku seharga Rp550 ribu, hingga gutter plate dengan frame NE ukuran 1.000 x 300 x 60 mm tebal 1 mm harganya mencapai Rp2,34 juta.

Di kawasan Kota Depok, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menggagas penggunaan penutup saluran dari bahan fiber di sepanjang Margonda. Pasalnya, grill atau penutup saluran air dari bahan besi selama ini sering hilang dicuri orang-orang tidak bertanggung jawab. “Hampir 60 persen (penutup) tali air sepanjang Margonda hilang, dan itu yang diganti dengan bahan fiber,” ujar Kepala Dinas PUPR Depok, Manto Djorjghi, Februari 2019 lalu, seperti dilansir Kompas.

Menurut Manto, grill cover dari bahan fiber lebih aman dari tindak pencurian dibandingkan penutup berbahan besi. Pasalnya, pemasangan penutup berbahan fiber lebih kuat, sehingga relatif lebih sulit dicuri orang. “Beberapa kali dipasang grill berbahan besi, namun selalu hilang. Jadi kami alihkan ke bahan fiber, dipastikan tidak akan hilang,” ungkap Manto.

Walaupun penutup saluran air dengan fiber dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan grill berbahan besi, Manto memastikan jika grill fiber sangat sulit untuk dicuri. Ia bahkan menuturkan jika satu grill berbahan fiber harganya Rp700 ribu, harga tersebut dua kali lipat dari grill pada umumnya yang berbahan besi. “Meski mahal, fiber ini lebih awet, anti karat dan anti pencurian,” kata Manto.

Loading...