Harga per Lembar Terjangkau, Material GRC Tahun 2019 Ini Banyak Dilirik Masyarakat

Glassfiber Reinforced Cement board - en.wikipedia.orgGlassfiber Reinforced Cement board - en.wikipedia.org

Material GRC atau Glassfiber Reinforced Cement board saat ini sudah semakin di . Jika dulunya Indonesia masih mengandalkan tripleks atau asbes untuk membuat plafon, tahun 2019 ini mulai banyak yang melirik GRC. Terlebih karena GRC memiliki banyak keunggulan dan per lembar pun cukup bersaing.

Papan GRC sendiri merupakan material yang struktur utamanya terbentuk dari semen dan serat. Bahan dasarnya kabarnya mirip seperti beton, tetapi pengikat material di dalamnya bukanlah tulang baja, melainkan glassfiber. “Papan GRC pada umumnya digunakan sebagai plafon dari sebuah atau langit-langit , walaupun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan sebagai panel lapisan eksterior dan yang bersifat dekoratif,” demikian seperti dilansir Suara.

Bahan satu ini punya sederet kelebihan yang membuatnya banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia untuk menggantikan tripleks, misalnya saja bersifat tahan lama, anti air, dan tahan api. GRC disebut-sebut tak mudah lapuk jika terkena air. Menariknya lagi, ketahanan dasar GRC disebut-sebut dapat mencapai 25 tahun jika dibandingkan dengan gypsum.

Dari segi harga, GRC rupanya lebih terjangkau bila dibandingkan papan material lainnya. Misalnya saja untuk GRC atau Versaboard ukuran 1,2 x 2,4 meter tebal 4 mm seharga Rp58 ribu per lembar, lalu yang tebalnya 6 mm dengan harga Rp98 ribu per lembar, dan yang memiliki ketebalan 9 mm harganya Rp133 ribu per lembar.

Kemudian karena karakternya yang ringan, pemasangan papan GRC pun tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dan juga cukup mudah dipasang. Selain itu, struktur pembuatan GRC pun tidak memakai asbestos sehingga minim efek yang berbahaya untuk kesehatan.

Keunggulan lainnya adalah urusan fleksibilitas. Papan GRC merupakan material yang mudah dibentuk sesuai keinginan. Untuk plafon, papan GRC bukan hanya dapat dipasang secara vertikal atau horizontal, tetapi juga dapat ditekuk untuk membentuk plafon lengkung layaknya kubah. Bahkan GRC board dapat dipasang sebagai panel pelapis dinding di dalam ruangan.

Papan GRC yang dibuat dengan laser cut juga bisa dibentuk dengan pola-pola cantik untuk memperindah ruangan. Apalagi karena material ini pun memiliki kemampuan plus yang dapat meredam suara dengan baik.

Loading...