Ampuh Atasi Sariawan, Berapa Harga GOM di Apotik?

Ilustrasi: wanita sariawan (sumber: brilio.net)Ilustrasi: wanita sariawan (sumber: brilio.net)

JAKARTA – , walau merupakan masalah yang dapat dibilang sepele, tetapi bisa sangat mengganggu, terutama ketika kita hendak menyantap sesuatu. Untungnya, saat ini ada berbagai yang dapat Anda pilih untuk mengobati gangguan tersebut. Salah satu yang diklaim sangat ampuh mengobati sariawan dan menghilangkan perih adalah GOM (borax glycerin), yang sudah bisa Anda beli di maupun via situs e-commerce dengan terjangkau.

Dilansir dari Hello , GOM adalah obat untuk mengatasi luka di dalam rongga mulut atau tenggorokan, seperti sariawan. GOM sudah mengandung zat aktif borax glycerin 10%, termasuk obat oles yang juga bisa digunakan untuk mengatasi gusi ringan, bau mulut, luka borok, eksim, jamur di kaki, luka di putting payudara, hingga melembapkan kulit yang kering.

Sudah ada banyak apotik yang menyediakan obat ini dengan harga relatif terjangkau. Di Apotek K24 misalnya, menjual GOM Cito 8 ml dengan harga hanya Rp5 ribuan per botol. Sementara, di situs jual beli online, obat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp3.000 untuk yang sama. Jika ingin menyediakan stok di rumah, bisa membeli satu kardus isi 24 botol dengan harga mulai Rp80 ribuan.

Sariawan, seperti dikutip dari Republika, biasanya muncul di lidah, di dalam bibir, atau pipi. Penyakit ini lebih sering terjadi pada perempuan daripada lelaki. Masalah tersebut dapat terjadi akibat gigitan yang tidak disengaja atau trauma mulut lainnya. Namun stres, fluktuasi hormon, alergi, dan kekurangan nutrisi juga dapat menyebabkan sariawan. Kekurangan vitamin B, seng, dan zat besi juga dapat membuat kita lebih rentan sariawan.

“Pantau kapan luka muncul dan catat yang bersamaan dengan itu untuk menghilangkan pemicu khususnya,” kata salah seorang profesor di Case Western Reserve University School of Dental Medicine, Leena Palomo. “Bahkan, tidur nyenyak saja bisa membantu. Selain itu, saat menyikat gigi, sikat dengan gerakan melingkar kecil dan hindari secara agresif menyikat maju dan mundur.”

Loading...