Harga Terjangkau, Benarkah Glucosamine 250mg Bisa Jadi Obat Persendian?

Ilustrasi : Seseorang sedang angkat bebanIlustrasi : Seseorang sedang angkat beban

Glucosamine atau glukosamin adalah salah satu zat yang banyak terkandung dalam -suplemen persendian. Di apotik sendiri ada banyak merek atau suplemen glucosamine, dan umumnya dibanderol dengan harga relatif terjangkau.

Sebagai contoh, di K24 harga Glucosamine MPL Medikon 250mg Tab Rp14.344 per strip isi 10 tablet, sedangkan Glucosamine Hexpharm 250 mg Tab 60s harganya Rp10.824 per strip isi 10 tablet. Suplemen glukosamin diklaim memiliki untuk memelihara persendian dari peradangan dan osteoarthritis.

Glucosamine sendiri merupakan senyawa monosakarida yang berasal dari hidrolisis cangkang kerang, tulang hewan, sumsum tulang, bakteri pada biji-bijian, dan jamur. Di dalam tubuh, glucosamine bekerja dengan cara menstimulasi produksi tulang rawan yang dapat memperbaiki sendi dan juga melindungi tulang rawan dari kerusakannya.

Akan tetapi, sejumlah menemukan bahwa glucosamine fungsinya hanya sebagai suplemen, bukan untuk “obat” yang bisa memberikan kesembuhan bagi masalah persendian tulang. “Harus dipertegas di sini bahwa obat itu ketika diberikan pada , maka reaksinya adalah penyakit akan berkurang. Nah, kalau vitamin, tidak memberikan efek tersebut secara pasti. Mungkin pada beberapa orang bekerja, tapi beberapa lainnya tidak bekerja sama sekali. Sebab, intinya itu hanya pelengkap,” kata Spesialis Orthopedi dan Traumatologi dr Carles Siagiaan, Sp.OT-K, seperti dilansir Okezone.

Dr Carles menjelaskan bahwa bahan glukosamin yang terkandung dalam suplemen-suplemen tersebut bekerja untuk menurunkan rasa nyeri pada sendi, tetapi bukan untuk menyembuhkan rasa sakit tersebut. Ia pun mengaku pernah melakukan penelitian terkait zat tersebut di RSCM Jakarta terhadap 150 pasien tahun 2014 lalu.

Dari hasil penelitiannya ditemukan bahwa glukosamin yang terkandung dalam “obat sendi” yang tersedia di pasaran tak memberikan efek penyembuhan yang signifikan untuk pasien dengan masalah persendian. “Jadi, glukosamin yang terkandung di suplemen sendi itu tidak memberi efek penyembuhan pada beberapa orang. Tapi, ya, memang ada beberapa lainnya yang berdampak. Dengan fakta ini, bisa dibilang bahwa ‘obat sendi’ setelah dikonsumsi hasilnya tidak konklusif atau tidak menemukan hasil yang pasti,” papar dr. Charles.

Loading...