Harga 1 Lusin Murah, Gelas Plastik Masih Banyak Dipakai untuk Bisnis Minuman

Es buah yang menggunakan wadah gelas plastik - iburini.com

Gelas atau cup saat ini banyak dibutuhkan untuk berbagai jenis usaha , mulai dari coffee to go alias kopi, jus, salad, es buah, dan ragam minuman dingin atau makanan lainnya. Gelas sekali pakai dari bahan tersebut ada yang tipis dan tebal, biasanya eceran per biji, per 1 lusin, atau grosir per pack isi 50 pcs. gelas plastik pun biasanya juga variatif, tergantung ketebalan dan dari gelas itu sendiri.

Ukuran gelas plastik yang banyak tersedia di pasaran umumnya mulai dari ukuran kecil dengan kapasitas 12 oz (350 ml), 14 oz (400 ml), 16 oz (470 ml), hingga ukuran besar 22 oz yang isinya setara dengan 650 ml. Adapun harga gelas plastik per pack isi 50 pcs mulai Rp13 ribuan. Kemudian untuk harga eceran gelas plastik ukuran 16 oz dengan tutupnya Rp2.000 per buah. Sedangkan untuk gelas saja ukuran 14 oz tanpa tutup cukup murah, hanya Rp250an. Jadi jika hendak membeli selusin, maka harganya tinggal dikalikan 12 buah saja dari harga eceran, yakni Rp3 ribuan. Harga gelas plastik 1 lusin yang berlaku di setiap toko kemungkinan bisa berbeda-beda.

Meskipun tergolong murah dan praktis, penggunaan material plastik sebagai wadah makanan atau minuman hingga kini memang masih menjadi kontroversi. Apalagi bahan-bahan plastik tertentu kabarnya berisiko mencemari lingkungan dan memiliki efek buruk terhadap kesehatan, terutama untuk botol plastik sekali pakai.

Andriani Melissa, Marketing Manager Thermos Indonesia Trading menjelaskan bahwa data terbaru menyebutkan di sebuah coffee shop dalam sebulan dapat menghabiskan hingga 100 ribu gelas plastik. Bahkan kabarnya tahun 2050 mendatang akan ada lebih banyak sampah plastik di laut dibandingkan ikan. “Untuk itu, langkah yang paling penting dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaan botol sekali pakai dan mulai menggantinya dengan -produk yang bisa dipakai berulang kali, salah satunya yang berbahan stainless steel,” kata Melisa, seperti dilansir Viva.

Ia juga mengatakan bahwa botol berbahan stainless tak mengandung zat kimia berbahaya seperti BPA yang ada pada plastik. “Stainless steel yang didesain dengan baik, tidak memberikan tempat untuk jamur dan bakteri bersarang. Dan dengan yang tinggi, stainless steel tidak menyimpan pada minuman, sehingga dapat menjaga suhu air panas dan dingin lebih lama,” tandasnya.

Loading...