Biasa Dipakai Minuman Dingin, Harga Gelas Besar per Lusin Cukup Terjangkau

Harga Gelas Besar - my.carousell.comHarga Gelas Besar - my.carousell.com

Sajian dingin maupun panas tak hanya perlu mempertimbangkan komposisi bahannya saja, tetapi juga perlu mempertimbangkan wadah atau gelas untuk penyajiannya. seperti misalnya, biasanya dihidangkan dalam wadah gelas dan ada juga yang menggunakan gelas keramik. Gelas yang beredar di pasaran sendiri ada bermacam-macam, mulai dari kecil hingga yang besar. Harga banderolnya pun , tergantung , , dan ukuran gelas.

Menurut John Chendra, praktisi sekaligus juri World Barista Championship, perbedaan paling utama dari gelas kaca dan keramik adalah dari segi kemampuannya dalam menahan panas. Kata John, gelas berbahan kaca cenderung lebih tipis dan mudah menyebarkan panas. Jika menyajikan kopi panas dalam gelas kaca, maka kopi akan cenderung lebih cepat dingin. Apalagi jika kualitas gelas beling tersebut kurang baik. “Kalau salah memilih, gelas kaca juga bisa gampang pecah,” ujar John, seperti dilansir Liputan6.

Walau demikian, ia mengatakan bahwa gelas kaca tetap cocok untuk menyajikan beberapa kopi seperti latte atau cappuccino, terutama untuk gelas berbahan tempered glass. Pasalnya kopi-kopi tersebut memang dihidangkan untuk segera diminum. “Yang ice-ice (kopi) justru lebih cakep di gelas. Kalau mau disajikan panas atau hangat, pilih gelas yang ada gagangnya,” ungkap John.

Sedangkan untuk kopi seperti espresso menurutnya lebih pas bila disajikan di gelas keramik, sebab gelas keramik dinilai lebih mampu menahan panas. “Nah, harga gelas keramik ini biasanya lebih mahal dari gelas kaca tempered glass yang paling berkualitas sekalipun. Kalau gelas kaca harganya bisa belasan ribu satu set, kalau gelas keramik biasanya di atas Rp100 ribu,” bebernya.

Gelas kaca sendiri ukurannya bermacam-macam, ada yang kecil untuk kopi dan ada juga yang besar. Gelas kaca besar biasanya kerap digunakan pula untuk menyajikan berbagai minuman dingin layaknya bir. Gelas besar polos tersebut dijual eceran (per biji), setengah lusin, dan juga per 1 lusin (isi 12 pcs). Adapun harga gelas beling besar 1/2 lusin (isi 6 pcs) dibanderol mulai Rp31 ribu hingga Rp73 ribu (ukuran tinggi 12 cm dan diameter 7 cm), sedangkan untuk 1 lusin harganya bisa mencapai Rp100 ribuan.

Loading...