Lebih Terjamin Beli di Agen Resmi, Harga Gas LPG 12 Kg Hari Ini Berkisar Rp146 Ribu

Tabung Gas LPG 12 KgTabung Gas LPG 12 Kg - hargaisirumah.com

Selama ini banyak yang lebih memilih menggunakan gas elpiji 3 kg bersubsidi untuk keperluan sehari-hari atau bahkan untuk keperluan niaga. Padahal Pertamina sendiri memiliki banyak pilihan gas non-subsidi yang lebih sesuai kebutuhan, mulai dari Bright Gas 5,5 kg, biru 12 kg, Bright Gas 12 kg, hingga 50 kg. Untuk memperoleh yang sesuai dengan HET pun masyarakat lebih disarankan membeli atau isi ulang di pangkalan maupun agen .

Di Indomaret misalnya, harga isi ulang atau refill gas LPG 12 kg hari ini dipatok Rp146 ribu per tabung. Masyarakat yang belum memiliki tabung gas LPG 12 kg pun bisa membeli tabungnya saja di yang dijual sekitar harga Rp255 ribu (tanpa isi). Namun jika ingin membeli tabung LPG 12 kg dan isinya, siapkan dana sebesar Rp405 ribu per tabung. Harga gas LPG 12 kg di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda.

Untuk faktor keamanan, PT Pertamina (Persero) senantiasa mengimbau masyarakat untuk membeli gas elpiji di agen resmi Pertama. Menurut Unit Manager Communication and CSR MOR III Dian Hapsari Firasati, membeli elpiji di agen resmi lebih terjamin keamanan elpijinya. “Yang pertama adalah unsur safety. Misalkan tabung yang sudah pernah dioplos seperti ini, sudah tidak aman terutama di bagian valve (katup) karena pernah dioplos secara paksa,” kata Dian, seperti dilansir Tribunnews.

Di samping itu, Dian menambahkan, membeli LPG di agen resmi pun bisa mengurangi kerugian yang dialami masyarakat. Pasalnya, harga jual di agen non resmi kemungkinan lebih mahal atau bisa saja lebih tetapi isinya tidak murni. “Apabila masyarakat ada yang menemukan LPG non subsidi (selain LPG 3kg) dengan harga yang jauh lebih , perlu diwaspadai. Karena kemungkinan hasil pemindahan LPG dari tabung 3 kg,” tutur Dian.

Adapun harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh setiap pemerintah daerah kemungkinan bisa berbeda-beda. Sebagai contoh, di Jakarta untuk isi ulang LPG 12 kg tabung biru dikenai sekitar Rp139 ribu per tabung, elpiji 3 kg Rp16.500, Bright Gas 12 kg Rp141 ribu, dan Bright Gas 5,5 kg Rp65 ribu. Harga tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Loading...