Efektif untuk Pengobatan, Segini Harga Garam Ikan Koi

Garam untuk IkanGaram untuk Ikan

JAKARTA – Garam ternyata tidak hanya berguna sebagai . Butiran putih dengan asin tersebut juga bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan ikan yang Anda pelihara, termasuk ikan koi. Punya kandungan senyawa yang sedikit berbeda dari garam dapur, garam ikan ini sudah dijual bebas di dengan yang ternyata sangat murah.

Dilansir dari Liputan6, garam ikan sebenarnya sama dengan garam pada umumnya, baik dari bentuk maupun rasanya. Yang membedakan adalah kandungan senyawa di dalamnya. Berbeda dengan garam dapur, garam ikan cuma mengandung senyawa NaCl. Pasalnya, jika ada senyawa lain, dikhawatirkan justru memberikan pengaruh yang buruk untuk dan perkembangan ikan.

Masih menurut referensi yang sama, salah satu manfaat garam ikan adalah untuk mencegah timbulnya luka pada ikan hias, yang memang bisa datang kapan saja. Garam ini diklaim dapat mencegah munculnya , seperti flexibacter columnaris yang umumnya menyerang ikan koi. Jika terkena tersebut, biasanya akan timbul bercak putih pada area mulut ikan.

Lalu, bagaimana jika kemudian ikan koi yang Anda pelihara sudah terlanjur sakit? Menurut Aidi Rozain, salah satu pencinta ikan koi, garam ikan masih diperlukan sebagai pengobatan, selain antiseptik dan obat biru. “Tentunya pencampuran obat tidak boleh sembarangan karena ada takarannya,” kata Aidi seperti dikutip dari Tribun News.

“Ketika masih dalam masa pengobatan, ikan tidak boleh diberi makan. Karena, ketika ikan sakit diberi makan, justru akan memperburuk ikan tersebut,” lanjut Aidi. “Badannya memang kurus, tetapi namanya juga diobati. Setelah sembuh, baru diberi makan dan boleh dicampur dengan ikan lain. Lamanya pengobatan ini beragam, mulai seminggu sampai 24 hari.”

Nah, apabila Anda juga membutuhkan garam ikan koi untuk membantu peliharaan Anda mempertahankan keseimbangan kadar air dan garam pada tubuh, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai ikan, maupun lewat platform e-commerce. Untuk kemasan 500 gram, harga garam ikan ini sangat murah, cuma Rp2.000 per bungkus. Sementara itu, garam ikan merk Sakura ditawarkan dengan harga Rp29.000 per 800 gram, sedangkan harga KOYSALT sekitar Rp21.000 per kg.

Loading...