Terdiri dari Beberapa Alat Musik, Ini Kisaran Harga Gamelan 1 Set

Memainkan Alat Musik GamelanMemainkan Alat Musik Gamelan

Gamelan adalah ansambel , Sunda, dan Bali di Indonesia yang mempunyai tangga nada pentatonis dalam tangga nada (laras) slendro dan pelog. Gamelan satu set terdiri dari beberapa instrumen musik sekaligus, mulai dari gender, bonang, gong, saron, slenthem, hingga kendang. Karena terdiri dari banyak musik, tak heran bila harga gamelan 1 set cukup mahal.

Gamelan Jawa besi fullset misalnya, dengan harga mencapai Rp55 juta. Kemudian gamelan degung perunggu 1 set harganya Rp85 juta, gamelan degung stainless Rp22,5 juta, gamelan degung temprak besi Rp8,5 juta, gamelan degung bahan kuningan Rp35 juta, hingga gamelan Jawa set kuningan harganya bisa mencapai Rp240 juta.

Sayangnya, di tengah masa pandemi (Covid-19) seperti sekarang rupanya banyak perajin gamelan yang berusaha untuk tetap bertahan hidup meski orderan sedang sepi. Hal ini juga dilakukan oleh Warsita Artowijoyo, pembuat gamelan di Dusun Iser, Desa Leuwimunding, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Warsita mengaku kini usaha peralatan gamelan turun drastis, bahkan tak ada satupun gamelan yang laku.

Di masa pandemi ini dagangannya tidak laku karena tak ada seniman yang mementaskan pertunjukan atau drama menggunakan peralatan gamelan. “Adanya corona memang dampaknya sangat terasa, bagi seniman itu kan tidak boleh bekerja jadi peralatan gamelan juga tidak ada yang pesan atau tidak ada yang beli,” ungkap Warsita, seperti dilansir Detik.

Walaupun tidak ada yang memesan, Warsita dengan beberapa karyawannya setiap hari tetap bekerja membuat peralatan gamelan. Hal itu ia lakukan demi mengisi waktu saja. “Pembuatan memang sekarang ini ada yang pesan atau tidak setiap hari selalu produksi daripada nganggur. Jadi kalau sudah dibuat begitu nanti ada yang pesan sudah siap semua,” jelasnya.

Sebelum ada pandemi, dalam sebulan ia dapat menjual 1-2 set gamelan yang terdiri dari 13 item, seperti kendang, bonang, gong, demung, saron, peking atau gamelan, kenong, gender, dan alat lainnya. Adapun harga satu set gamelan buatan Warsita dipatok Rp50 juta, tergantung bahan yang dipakai.

“Untuk satu set gamelan harganya tergantung bahan, ada yang dari stainless itu lumayan, bisa juga dari kuningan. Kalau stainless minimal Rp 50 juta satu set komplit untuk pementasan wayang atau sandiwara ada 13 item,” katanya.

Loading...