Kualitas Boleh Diadu untuk Roasting Kopi, Berapa Harga Froco Roaster?

Harga Froco Roaster - www.cikopi.comHarga Froco Roaster - www.cikopi.com

kopi di berkembang cukup pesat. Tak hanya menguntungkan ketika sudah berupa yang siap santap saja, bisnis roasting kopi pun tak kalah menggiurkan. Terlebih karena pemain di bidang roasting kopi pun belum cukup banyak. Usaha roasting kopi, khususnya kopi-kopi specialty memang membutuhkan modal yang besar, terutama investasi pada roaster yang tepat. Di Tanah Air setidaknya sudah ada beberapa produsen roaster ternama, salah satunya Froco Roastery.

Froco Coffee & Roastery memproduksi mesin pemanggang biji kopi mulai dari skala kecil yang berkapasitas 1 kg biji kopi hingga skala industrial berkapasitas 500 kg biji kopi. Tak hanya populer di dalam negeri saja, bahkan beberapa roaster Froco sudah banyak yang diekspor ke luar negeri. Setidaknya ada beberapa in-store roaster yang ditawarkan Froco, mulai dari FR1 I, FR1 A, FR3 I, FR3 A, FR5 I, FR5 A, FR15 I, dan FR15 A. Sedangkan untuk industrial roaster ada seri FR25, FR50, FR25T, dan FR50T.

Sebagai informasi untuk Froco roaster bekas atau second tipe FR5I dijual dengan harga sekitar Rp185 jutaan. ini memiliki kapasitas 5 kg per batch. Kemudian ada juga tipe FR1A berkapasitas 1 kilogram per batch yang harga bekasnya sekitar Rp100 jutaan. Tak heran jika mesin roaster Froco kondisi baru harganya bisa mencapai miliaran .

Selain Froco, ada juga beberapa produsen mesin roaster lainnya seperti Uncle John dan Feike. Dibanding Froco yang menyasar industrial, Feike lebih menyasar menengah ke bawah dengan produk-produk roaster yang harganya relatif lebih terjangkau. Sang pemilik Feike Roastery, William Edison, mengaku memang sengaja ingin mengisi kekosongan pada roaster kopi.

“Kebanyakan produsen roaster menargetkan pasar kelas menengah ke atas, terutama untuk produk impor. Harga yang ditawarkan pun gila-gilaan, bisa mencapai miliaran rupiah untuk kapasitas puluhan kilogram. Saya sengaja bikin dengan harga terjangkau supaya petani atau pelaku usaha mikro, kecil dan menengah bisa beli,” ujar William, seperti dilansir Kontan. Beberapa tahun lalu, William memproduksi mesin dengan harga kisaran Rp9,5 juta sampai Rp125 juta per unit.

Loading...