ASI Jadi Tahan Lebih Lama, Berapa Harga Freezer Kecil untuk ASI?

Freezer Kecil untuk ASI - www.parents.comFreezer Kecil untuk ASI - www.parents.com

ASIP atau perah memang lebih sering direkomendasikan untuk disimpan dalam suhu dingin atau freezer agar kualitasnya tetap terjaga, khususnya bagi para ibu yang -nya melimpah. Selain itu, perah juga sebaiknya disimpan dalam freezer yang terpisah dengan bahan makanan yang berbau tajam seperti daging, ikan, atau bahan sejenisnya. Saat ini ada banyak freezer kecil untuk yang dengan , tergantung merek, , dan kapasitasnya.

Salah satu merek freezer murah adalah Changhong CBD105 Chest Freezer 100 liter dengan harga Rp1.875.000 saja per unit. Kemudian ada freezer Aqua AQF-S4 4 rak dengan harga Rp2,45 juta (model bukaan depan), GEA Chest Freezer – AB-106-R / AB106R 102 liter harganya Rp2,15 juta, Chest Freezer Denpoo SCF 128 CG 116 liter seharga Rp2,109 juta, dan masih banyak lagi.

Jika membeli kulkas atau lemari pendingin baru dirasa terlalu mahal, para ibu juga bisa membeli freezer bekas atau bahkan memanfaatkan sewa freezer ASI yang biasanya dihitung per 1 atau sewa langsung 6 . atau sewa freezer ASI relatif murah. Untuk sewa bulanan biasanya dipatok sekitar Rp150 ribu sampai Rp400 ribu, sedangkan untuk sewa 6 bulan harganya berkisar antara Rp725 ribu sampai Rp975 ribu, tergantung merk freezer yang disewa.

Menurut dr. Lusia Nauli Tampubolon, SpA, Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Permata Cibubur, Jakarta, ASI bisa bertahan hingga 6 bulan apabila disimpan dalam lemari pendingin. Dokter Lusia juga memastikan jika selama kurun waktu tersebut ASI tidak akan berubah rasa. “Nggak. ASI itu tidak seperti susu formula, karena ASI itu tidak ada rasanya, lebih ke hambar. Sudah begitu, ASI perah yang satu tidak sama rasanya dengan ASI perah yang berikutnya, tergantung apa yang dimakan si ibu saat itu,” kata dr Lusia, seperti dilansir Akurat.

Selain itu, ASI perah yang disimpan sebaiknya diberi tanda waktu seperti tanggal dan jam supaya memudahkan mana ASI yang perlu digunakan terlebih dahulu. “Kalau punya kulkas dua pintu, freezer yang satu nggak boleh digabung dengan makanan lain seperti daging atau ikan,” bebernya. Tetapi, jika ASI terpaksa disimpan di kulkas makanan (2 pintu) di rumah, maka ASI hanya bertahan sekitar 3 bulan, sedangkan untuk kulkas satu pintu maka ASI bertahan sekitar 2 minggu.

Loading...