Diklaim Sebagai Pelancar ASI, Harga Fitoasi Dibanderol Mulai Rp100 Ribuan

Ilustrasi : Ibu sedang menyusui - www.alodokter.com

Para ibu yang baru melahirkan pasti disarankan untuk memberikan () secara eksklusif untuk bayinya. Namun terkadang ada beberapa ibu yang mengalami permasalahan seperti kurang lancar atau aliran terlalu sedikit. Oleh sebab itu, kini hadir obat atau suplemen pelancar seperti Fitoasi yang diklaim dapat membantu meningkatkan produksi . Harga Fitoasi di pasaran dibanderol sekitar Rp110 ribu hingga Rp149 ribu per botol isi 30 kapsul.

Fitoasi adalah obat herbal produksi PT Sinergi Sejahtera Abadi yang memiliki kandungan ekstrak Sauropi Folium (daun katuk), ekstrak Curcumae xanthoriza (temulawak), ekstrak soya bean (kedelai) sebagai zat aktifnya. Fitoasi diklaim memiliki manfaat untuk melancarkan dan memperbanyak ASI, memperbaiki nafsu makan, memperbaiki metabolisme lemak, dan masih banyak lagi. Obat golongan jamu ini juga disebut aman dikonsumsi tanpa efek samping, karena sudah terdaftar di dengan nomor registrasi POM TR 023 316 041.

Sementara itu, menurut spesialis anak Rumah Sakit Pondok Indah, Yofita Anata, produksi ASI sangat dipengaruhi oleh hormon sang ibu. “Yang bikin ASI nggak keluar kalau ibu kecapekan dan stres. Karena sebenarnya bukan nggak produksi, tapi psikis stres bikin ASI terhambat,” ujar dr Yofita, seperti dilansir Suara.

Ia menyarankan, apabila produksi ASI terus terhambat sebaiknya ibu menyusui melakukan konsultasi laktasi ke dokter. “Kalau masalahnya fisik, bisa diberikan obat,” ungkap dr Yofita. Akan tetapi, yang sering dialami oleh ibu menyusui adalah karena masalah kurang dukungan atau ada tuntutan supaya ibu mampu memberikan ASI.

Selain mengontrol stres, produksi ASI juga dapat didorong dengan atau suplemen tertentu. Tetapi, dr Yofita menegaskan jika atau suplemen tertentu efeknya bisa berbeda-beda pada setiap ibu.

“Kalau ASI dirasa belum optimal, boleh dicoba beberapa suplemen yang sudah dapat izin BPOM, multivitamin yang diberikan saat hamil boleh dilanjutkan selama menyusui. Tapi setiap ibu efeknya belum tentu sama. Jadi harus hati-hati juga pemberian suplemen. Yang jelas, apabila ibu kondisi secara fisik sehat dan psikis happy, hormon oksitosin akan keluar dan ibunya happy. Saya biasanya sarankan ibunya makan makanan yang dia suka,” jelasnya.

Loading...