Redakan Kolesterol Tinggi, Segini Harga Fenofibrate 300 mg

Ilustrasi: kolesterol dalam darah (sumber: pinterest)Ilustrasi: kolesterol dalam darah (sumber: pinterest)

JAKARTA – Tingginya kadar kolesterol (hiperkolesterolemia) dalam darah sering tidak disadari, sehingga tiba-tiba memunculkan komplikasi, seperti serangan dan stroke. Bahkan, bukan tidak mungkin menyebabkan kematian mendadak. Karena itu, screening rutin perlu dilakukan. Jika kebetulan kolesterol Anda tinggi, saat ini sudah ada sejumlah yang diklaim mampu mengatasi masalah tersebut, salah satunya Fenofibrate 300 mg yang telah dijual bebas di dengan harga relatif terjangkau.

Menurut klaim Apotek K24, Fenofibrate 300 mg digunakan untuk mengobati hiperkolesterolemia (tipe IIA), hiperlipidemia kombinasi (tipe IIB dan III), serta hipertrigliserida endogen (tipe IV) yang tidak memberikan respon adekuat terhadap diet dan memiliki faktor risiko. Senada, Alodokter.com menuturkan bahwa obat ini dapat digunakan untuk mengurangi trigliserida, mengatasi kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Sudah banyak merk Fenofibrate yang dapat Anda beli di apotek dan sejumlah toko obat. Fenofibrate 300 mg buatan Hexpharm Jaya misalnya, dijual di Apotek K24 dengan harga Rp5.801 per , sedangkan Kalbe ditawarkan dengan harga Rp42.400 per (isi 10 tablet). Merk lainnya seperti Hyperchol dijual dengan harga berkisar Rp50 ribuan per dan harga dari Dexa Medica sekitar Rp62.640 per strip.

“Kolesterol tinggi biasanya tidak menunjukkan dan Anda hanya dapat mengetahuinya dari tes darah yang mungkin perlu dilakukan oleh umum atau apoteker Anda,” papar Apoteker Lloyds Pharmacy, Pareena Patel. “Kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh terlalu banyak makan makanan berlemak, kurang olahraga, kelebihan berat badan, dan merokok serta minum berlebihan. Ini dapat menyebabkan pembuluh darah Anda tersumbat, yang berarti Anda lebih mungkin mengalami masalah jantung atau stroke.”

Langkah pertama dalam mengurangi kolesterol adalah dengan menjaga pola makan yang dan seimbang. Sangat penting untuk menjaga diet Anda rendah lemak. Anda bisa menukar makanan yang mengandung lemak jenuh dengan buah, sayuran, dan sereal gandum utuh. Selain itu, perubahan gaya hidup, seperti rajin berolahraga dan berhenti merokok, juga dapat membuat perbedaan besar.

Loading...