Bisa Jadi Bahan Hand Sanitizer, Harga Etanol 96 Dijual Mulai Rp40 Ribuan

Ilustrasi : Hand sanitizer untuk membersihkan tanganIlustrasi : Hand sanitizer untuk membersihkan tangan - orami.co.id

Etanol 96 mungkin kini menjadi salah satu bahan yang banyak dicari, terutama setelah merebaknya . Ya, sejak langkanya hand sanitizer di pasaran, WHO atau Organisasi Dunia belum lama ini membagikan tips bagi masyarakat untuk membuat hand sanitizer sendiri, salah satunya dengan memanfaatkan etanol 96 persen. etanol 96% 1 liter (1.000 ml) berkisar mulai dari Rp40 ribuan hingga Rp60 ribuan per jerigen.

Etanol atau yang kerap disebut Ethyl Alcohol, alkohol murni, alkohol absolut merupakan sejenis yang mudah menguap, mudah terbakar, tak berwarna, dan menjadi jenis alkohol yang paling sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Etanol kerap digunakan sebagai pelarut bahan-bahan kimia yang ditujukan untuk konsumsi dan kegunaan manusia, misalnya pada parfum, perasa, pewarna makanan, dan obat-obatan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan , jika tidak ada dan air sebaiknya memakai hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol (ethanol). Walau banyak beredar resep hand sanitizer DIY di internet, Direktur Kesehatan, Kecantikan dan Ilmu Lingkungan di Good Housekeeping Institute, Birnur Aral, PhD memperingatkan bahwa metode itu belum tentu aman dan efektif.

“Ini semua mengingatkan kita bahwa kita bukan apoteker dan kita mungkin harus meninggalkan ide untuk membuat hand sanitizer sendiri. Biarkan yang berlisensi yang membuatnya,” ungkap Aral, seperti dilansir Kompas.

Kepala Medis WebMD, John Whyte, MD menambahkan, pengukuran yang ceroboh atau keterampilan matematika yang buruk juga bisa menyebabkan hasil yang buruk. “Kekhawatiran terbesar saya adalah bahwa orang tidak mengikuti petunjuk dengan tepat, sehingga membuat versi buatan mereka kurang atau tidak efektif,” jelas Whyte.

Whyte pun menegaskan bahwa ia hanya akan membuat hand sanitizer sendiri apabila dalam kondisi benar-benar tidak bisa memperoleh air dan sabun. Menurutnya, mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun menjadi menjadi cara yang paling efektif untuk melindungi penyebaran virus. Pasalnya, ada jutaan bakteri dan kuman yang bersarang di tangan kita setiap harinya tanpa kita sadari.

Loading...