Tersedia dalam Tablet dan Sirup, Harga Erdostein Generik Lebih Murah dari Obat Paten

Wanita Minum Obat - www.freepik.comWanita Minum Obat - www.freepik.com

Erdosteine sudah lama dikenal sebagai salah satu obat yang baik untuk mengatasi berdahak. Obat satu ini tersedia dalam wujud maupun dalam beragam merek dagang. Namun, dibandingkan obat paten, tentu saja Erdosteine generik relatif lebih murah di sejumlah maupun obat.

“Erdosteine merupakan obat golongan mukolitik yang digunakan untuk mengobati bronkitis kronis, termasuk eksaserbasi akut bronkitis kronis. Sebagai golongan mukolitik, obat ini bekerja dengan cara memicu produksi dahak, mengencerkan dahak sehingga dapat mengeluarkan dahak dengan mudah. Di samping itu, erdosteine juga berfungsi untuk melindungi jaringan paru dari kerusakan yang disebabkan oleh rokok, dengan cara mengumpulkan radikal bebas yang dihasilkan rokok melalui efek antioksidan yang dimiliki erdosteine,” demikian seperti dilansir Sehatq.

Adapun untuk Erdostein generik di Indonesia diproduksi oleh Etercon dalam wujud tablet 300mg dengan harga Rp4.222 per tablet di Apotek K24. Sedangkan Erdostein generik Etercon 175mg/5ml Dry Syrup 60 ml harganya Rp43.779 per botol.

Meskipun obat generik harganya murah, ternyata ada sebagian orang yang beranggapan bahwa obat generik tidak semanjur obat paten yang harganya lebih mahal. Rupanya, menurut dr. Dejandra Rasnaya dari Klikdokter anggapan masyarakat itu sangat salah. “Hanya karenanya harganya lebih murah, bukan berarti obat generik tidak lebih baik dari obat paten,” ujar dr. Dejandra.

Walau obat paten mempunyai komposisi yang telah diracik lagi, baik obat paten atau obat generik sama-sama efektif dalam menyembuhkan penyakit. Menurut dr. Dejandra, dalam farmasi dan kedokteran memang ada dua obat yang beredar, yaitu obat paten dan obat generik. “Obat generik pun dibagi lagi menjadi dua , yakni obat generik berlogo dan obat generik bermerek,” tuturnya.

Obat generik berlogo (OGB) merupakan obat yang umumnya hanya menampilkan logo “Generik” tanpa mencantumkan nama farmasi atau perusahaan tempat obat itu diproduksi. Karena tak mempunyai biaya promosi, harga jual OGB relatif murah. Sedangkan obat generik bermerek (branded generic) adalah jenis obat generik yang mencantumkan nama farmasi atau perusahaan tempat obat itu diproduksi. Harga obat generik bermerk biasanya lebih tinggi walau kandungan di dalamnya sama dengan obat generik berlogo (OGB).

Loading...