Promo Produk di Medsos? Segini Harga Endorse Selebgram Tahun 2020

Ilustrasi: akun selebgramIlustrasi: akun selebgram

JAKARTA – Selain melalui televisi, radio, atau media cetak, saat ini banyak perusahaan dan yang mempromosikan mereka melalui media sosial . Nah, agar dilihat lebih banyak orang, tidak sedikit yang menggunakan ketenaran selebgram (selebritis ). Namun, untuk ikut nimbrung di media sosial si artis, yang harus dibayarkan memang tidak murah, terlebih jika selebgram tersebut sudah memiliki banyak followers.

Selebgram Keanu Agl misalnya, yang melambung sejak membuat Q & A dari netizen dengan gaya yang ‘ngegas’. Memiliki lebih dari 2,2 juta pengikut di Instagram, ia mengaku bisa mendapatkan Rp1 miliar dari selama setahun. Ia sendiri hanya ingin dibayar dengan uang tunai secara cash, ketika ada produk yang ingin membayarnya dengan mobil mewah.

Nama lainnya yang juga punya endorse selangit adalah Hana Hanifah. Selebgram plus pemain FTV yang sempat terkandung kasus prostitusi pada medio 2020 ini dikabarkan bisa mendapatkan bayaran Rp8 juta per sekali berbayar (sponsor). Ini diperoleh dari hitung-hitungan jumlah pengikutnya yang sudah mencapai angka 500 ribuan followers.

“Bayaran selebgram tergantung pada dua hal,” jelas co-creator dari program The Influencer asal Australia, Monika Berry, dilansir Akurat. “Pertama, seberapa banyak pengikutnya, dan kedua adalah bagaimana aktivitas akunnya, dalam hal ini termasuk jumlah like, komentar, serta pendekatannya dengan audiens (followers).”

Seseorang bisa disebut micro-influencer bila memiliki followers mulai dari 3 ribu sampai 50 ribu, dengan bayaran rata-rata Rp757 ribu hingga Rp1 juta sekali post. Namun, itu pun tergantung jenis sponsor. Sementara, jika jumlah pengikut di atas 100 ribu, bayaran bisa meningkat sekitar Rp5 jutaan, sedangkan tarif influencer dengan jumlah followers 250 ribu ke atas bisa Rp8 juta hingga Rp10 jutaan sekali posting.

Sementara itu, Head of Business Development Allstars.id, Grady Esmond, seperti dikutip dari Kompas, menuturkan bahwa selain micro-influencer dan macro-influencer, ada pula selebgram yang disebut mega influencer, jika punya lebih dari 1 juta pengikut. Menurut Grady, tarif endorse selebgram demikian bisa menembus angka Rp50 juta dalam satu kali posting.

Loading...