Tablet Tambah Darah untuk Ibu Hamil, Harga Emineton Dipatok Rp22 Ribuan

Ilustrasi : Seorang wanita sedang hamil

Ibu yang sedang rupanya rentan mengalami anemia atau kekurangan sel merah. Selain dapat mencukupi asupan zat besi dari makanan sehari-hari, yang anemia umumnya juga dianjurkan minum tambah sesuai anjuran dokter. Ada beragam obat penambah di , salah satunya Emineton yang dijual dengan harga Rp22.627 per strip isi 10 tablet di apotik.

Emineton merupakan suplemen Kalbe Farma untuk mengatasi anemia, terutama pada wanita hamil dan menyusui. Tak hanya untuk ibu hamil dan menyusui, Emineton pun dapat dikonsumsi oleh remaja dan masa pertumbuhan, pasien lanjut usia, mengatasi kondisi perdarahan, malnutrisi, serta pencegahan anemia.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Kirana Pritasari mengungkapkan, ada jumlah tertentu tablet tambah darah yang harus diminum oleh ibu hamil yang anemia. “Minimal 90 tablet penambah darah untuk ibu hamil yang anemia. Itu selama ya, 9 bulan ,” kata Kirana di Jakarta, seperti dilansir Liputan6.

Menurutnya, mengonsumsi tablet tambah darah penting dilakukan untuk mendorong perkembangan sistem saraf janin, sehingga dapat mencegah risiko lahir cacar. Di samping itu, tenaga kesehatan pun harus melakukan pengecekan secara berkala kepatuhan ibu hamil dalam mengonsumsi tablet tambah darah. Dengan adanya pengecekan ini juga dapat mengetahui apakah ibu hamil mengalami efek samping dari obatnya.

“Harus patuh rutin kapan minum tablet tambah darah. Karena obat itu menimbulkan efek samping, seperti mual sehingga ibu hamil akan sulit buat makan. Nah, adanya mual bisa saja ibu hamil malah enggak minum tablet tambah darah. Padahal, itu buat mendukung pertumbuhan sistem saraf janin di awal kehamilan,” tutur Kirana.

Bidan di fasilitas kesehatan seperti puskesmas pun dinilai harus lebih gencar melakukan konseling terkait obat penambah darah yang perlu diminum oleh ibu hamil yang mengalami anemia. Pasalnya, dalam tablet atau kapsul tambah darah memiliki kandungan asam folat dan zat besi, yang termasuk bagian mikronutrien (zat gizi mikro).

Loading...