Kerap Dipakai untuk Cincin Akik, Segini Harga Emban Perak per Gram

Harga Emban Perak - www.bukalapak.comHarga Emban Perak - www.bukalapak.com

Beberapa waktu lalu demam batu akik sempat melanda banyak kalangan masyarakat di . Tingginya minat masyarakat menggunakan cincin dari batu akik rupanya sempat mendatangkan rezeki untuk para pengrajin perak di Kotagede. Tak hanya permintaan batu akik saja yang melonjak, permintaan terhadap emban atau cangkang cincin batu akik juga cukup tinggi. Emban perak tersebut biasanya dalam wujud sudah jadi atau ada juga yang menjualnya per gram dengan cukup terjangkau, mulai Rp25 ribuan saja.

perak yang banyak diminati biasanya adalah perak 925 atau 926 yang merupakan campuran chrome emas putih. Menurut salah seorang pengrajin perak di Kotagede, Prasetyo Wibowo, mengaku permintaan emban meningkat drastis sejak berkembangnya tren batu akik. Tiap harinya pria yang akrab disapa Wowok ini menerima 10-20 pesanan emban. “Jika ada yang pesan emban, harus sabar menunggu satu bulan. Jika dulu sebelum akik ramai, pesanan emban bisa selesai seminggu,” katanya, seperti dilansir Tribunnews.

Saat membuat emban, Wowok masih mempertahankan cara atau , yakni dengan melebur biji perak dengan tembaga. Lalu hasil leburan tersebut dibuat jadi lembaran perak dan dirancang pola sesuai dengan ukuran batu akik yang hendak dipasang di atas emban.

Jika pola sudah terbentuk, lembaran perak dipotong dan dibentuk jadi cincin dengan cara ditempa sedikit demi sedikit. Umumnya, para pelanggan Wowok lebih menyukai emban yang bermotif. “Jika cincin tersebut telah terbentuk, kemudian saya mulai membentuk sesuai dengan keinginan para pelanggan. Tetapi ada juga yang pesan emban polos,” bebernya.

Apabila sudah selesai ditempa dan diberi motif, emban pun akan diampelas dan dipoles dengan langsol supaya asli perak bisa muncul. Lantaran semua proses pengerjaan ia kerjakan sendiri, dalam sehari Wowok hanya dapat membuat 3 emban bermotif. Pelanggan pun umumnya datang membawa contoh emban untuk dibuatkan oleh Wowok. “Saya juga tetap menjaga kualitas yang saya buat. Saya berani menjamin emban yang saya buat kadar peraknya diatas 95 persen,” beber Wowok.

Loading...