Harga Emas Turun Jelang Pertemuan Trump & Xi Jinping di KTT G20

Harga Emas - www.nuga.coHarga Emas - www.nuga.co

New York saat ini turun lantaran indeks AS tengah menguat menjelang pertemuan Amerika Serikat Donald Trump dengan China Xi Jinping dalam forum KTT G20 selama akhir pekan. Trump dan Xi Jinping dijadwalkan bertemu untuk membahas perdagangan.

emas di spot terpantau menurun 0,17 persen jadi USD 1.221,50 per ounce, sementara itu harga emas berjangka AS juga merosot 0,24 persen ke level USD 1.221,20 per ounce. “Indeks dolar telah pindah ke posisi tertinggi secara harian dan AS memantul kembali dan itu bekerja melawan emas,” ujar Senior Kitco Metals Jim Wyckoff, seperti dilansir Reuters.

Donald Trump dan Xi Jinping akan bertemu di sela-sela KTT G20 di Argentina untuk membahas konflik perdagangan yang tengah terjadi antara kedua . “Pergerakan harga emas yang besar tidak mungkin terjadi, kecuali ada semacam pengumuman besar dari luar Buenos Aires dari G20,” beber Wyckoff.

Selama 2 pekan terakhir, emas telah diperdagangkan pada kisaran harga antara USD 1.210,65 hingga USD 1.230,07. Sedangkan indeks dolar AS dilaporkan kembali menguat usai menyentuh level terendah dalam seminggu pada perdagangan sesi sebelumnya. Pasalnya para pelaku investor kini tengah menunggu hasil perundingan antara AS dengan China.

“Pasar sekarang memiliki lebih banyak kejelasan dalam isu-isu seperti pemikiran suku bunga AS, drama anggaran Italia, dan perang perdagangan AS-China. Dengan demikian, kejelasan dan visibilitas ini dapat membatasi perolehan emas lebih lanjut dalam jangka pendek. Jadi, langkah besar di atas kisaran saat ini tidak mungkin,” ucap Ronan Manly, Analis Logam Mulia BullionStar.

Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk pun pada hari ini, Minggu (1/12) juga terpantau turun tipis sebesar Rp 2.000 menjadi Rp 648 ribu per gram dari yang sebelumnya Rp 650 ribu per gram. Sedangkan harga pembelian kembali (buyback) juga turun Rp 4.000 menjadi Rp 562 ribu per 1 gram. Adapun harga emas cetakan Antam di Pegadaian per 1 gramnya dibanderol Rp 681 ribu, sedangkan cetakan UBS harganya Rp 652 ribu per gram.

Loading...