Pasar Nantikan Perkembangan Negosiasi AS-China, Harga Emas Naik

Harga emas - Tribunnews.comHarga emas - Tribunnews.com

Jakarta – Pada Jumat atau Sabtu (30/11) WIB, emas dunia terpantau merangkak naik di tengah penantian pasar terhadap perkembangan lebih lanjut negosiasi dagang antara Amerika Serikat dengan China yang akan dilanjutkan usai Beijing menyatakan bakal mengambil tindakan balasan terhadap Washington.

Langkah tersebut rupanya dipicu oleh keputusan AS Donald Trump yang mengesahkan undang-undang untuk mendukung aksi demonstran Hong Kon. Meski demikian, harga emas saat ini berada di jalur penurunan bulanan terbesar sejak November 2016.

Adapun harga emas di pasar spot dilaporkan mengalami kenaikan sebesar 0,1 persen ke level USD1.460,08 per ounce usai merosot sekitar 3,5 persen sepanjang bulan November 2019 ini. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,4 persen menjadi USD1.459,40 per ounce.

Emas secara umum dianggap sebagai aset safe haven selama masa ketidakpastian keuangan atau , mengambil sedikit bunga dan untuk menyimpan dan mengasuransikan. Tetapi, harga emas masih pada jalur terbaiknya sejak 2010, usai naik 13,5% selama 2019.

Salah satu faktor yang menyebabkan melambungnya harga emas tersebut adalah ketidakpastian kondisi perang dagang yang berlangsung lama dan kekhawatiran pasar terkait resesi. “Emas telah berhasil bertahan di atas USD 1.450 karena ada beberapa perburuan murah. Ini adalah level awal yang baik bagi mereka yang ketinggalan sebelumnya,” ujar analis komoditas UBS Giovanni Staunovo, seperti dilansir Liputan6.

Para pelaku pasar sedang mencermati data-data Amerika Serikat untuk mengetahui tanda-tanda kesehatan ekonomi terbesar dunia tersebut, yang berpotensi memengaruhi Federal Reserve dalam mengambil keputusan terkait pelonggaran kebijakan moneter lebih lanjut. Pengurangan ekspektasi penurunan lanjutan oleh telah menekan harga emas spot. “Kita bisa turun ke USD1.425 pada akhir tahun ini,” tandas Giovanni.

Di sisi lain, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (30/11) juga terpantau naik sebesar Rp3.000 dari Rp744 ribu menjadi Rp747 ribu pada pukul 06.11 WIB dengan harga pembelian kembali atau buyback yang naik Rp4.000 menjadi Rp663.500 per 1 gram. Sedangkan di Pegadaian harga emas cetakan Antam per gram Rp778 ribu, sedangkan cetakan UBS Rp741 ribu per gram.

Loading...