Ketidakpastian Pemulihan Ekonomi Bikin Harga Emas Melambung

Harga Emas - news.sky.comHarga Emas - news.sky.com

Jakarta – Hari Jumat atau Sabtu pagi WIB ini naik dan bersiap untuk kenaikan mingguan keenam berturut-turut. Melonjaknya emas ini dipengaruhi oleh rekor dalam kasus positif corona (Covid-19) di Amerika Serikat yang memicu ketidakpastian terkait pemulihan kondisi .

Harga emas di pasar spot merangkak naik 0,7 persen ke level USD1.809,86 per ounce dan telah meningkat 0,6 persen pekan ini. Sementara itu, harga emas berjangka Amerika Serikat menguat 0,7 persen ke posisi USD1.811,90 per ons.

“Suku bunga riil negatif, menggelembungkan neraca , dolar AS yang lebih lemah dan kasus COVID-19 yang terus meningkat meningkatkan daya tarik safe-haven. Sekarang, meningkatnya ketegangan antara AS dan China adalah sentimen lain untuk pasar,” ungkap ahli strategi komoditas ANZ Soni Kumari, seperti dilansir dari CNBC melalui Liputan6.

Faktor lainnya yang mengakibatkan harga emas melonjak adalah karena AS memecahkan rekor hariannya untuk infeksi virus corona. Hal tersebut mendorong sejumlah negara untuk menerapkan penguncian atau lockdown sebagian. Sedangkan kasus positif Covid-19 global mencapai 13,89 juta.

Di sisi lain, ketegangan politik antara Amerika Serikat dengan China tampaknya masih terus memanas. Amerika Serikat tengah mempertimbangkan untuk melarang perjalanan ke negara itu oleh semua Partai Komunis China. Indeks dolar AS yang mengukur pergerakan Greenback terhadap sekeranjang utama terpantau melorot 0,3 persen.

Kenaikan tajam dalam stimulus global untuk melindungi ekonomi dari dampak negatif yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 telah mengakibatkan harga logam mulia melonjak 19,3 persen lebih tinggi di sepanjang tahun 2020 ini.

Sementara itu, dari dalam negeri harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (18/7) terpantau naik drastis sebesar Rp12 ribu menjadi Rp956 ribu per 1 gram. Sedangkan harga pembelian kembali atau buyback emas Antam hari ini menurut data terakhir di Butik Emas LM Pulo Gadung pukul 08.30 WIB juga naik Rp14 ribu jadi Rp858 ribu per gram. Di Pegadaian, harga emas cetakan Antam dijual Rp960 ribu per gram dan cetakan UBS Rp946 ribu per gram.

Loading...