Corona Masih Menghantui, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp804 Ribu per Gram

Harga emas - klikbabel.comHarga emas - klikbabel.com

Jakarta mengalami kenaikan lebih dari 1,5% pada Jumat atau Sabtu pagi WIB dan menginjak level tertinggi dalam 7 tahun terakhir. Naiknya harga emas ini disebabkan investor mulai banyak yang mengalihkan hartanya ke karena khawatir dengan jatuhnya global akibat virus corona yang menyebar cepat.

Harga emas di spot naik 1,3% ke level 1.640,50 per ounce usai menginjak level tertinggi sejak 14 Februari 2013 di angka 1.635,98 pada awal sesi. Sementara itu, harga emas berjangka AS naik 1,4% ke posisi 1.643,2. Bullion terpantau menguat 3,6% selama sepekan ini, di jalur untuk pekan terbaik sejak awal Agustus.

“Pasar sekali lagi cemas karena wabah korona virus mungkin menyebar di luar China. Ada sejumlah besar permintaan safe-haven karena perlambatan ekonomi di China, Jepang dan Jerman diperkirakan akan bertahan pada semester pertama tahun ini. Harapan cukup tinggi bahwa bank sentral akan memberikan stimulus secara keseluruhan. Itu akan terus menopang harga emas,” ujar Edward Moya, Analis Pasar Senior di OANDA, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Hal ini agaknya juga berdampak pada aktivitas Amerika Serikat di sektor manufaktur dan terhenti pada Februari lantaran makin khawatir dengan penyebaran virus corona. Data ekonomi yang buruk dari Amerika Serikat cenderung mendorong ekspektasi untuk penurunan suku bunga acuan oleh Federal Reserve AS. Suku bunga yang lebih rendah dapat mengurangi biaya peluang dari bullion yang tidak menghasilkan.

“Dalam hal teknis, pasar overbought, menunjukkan bahwa tren akan segera berakhir, sehingga spekulan mengurangi posisi net-long mereka di tengah kekhawatiran kemungkinan koreksi ke bawah,” ucap Peter Fertig, Seorang Analis di Quantitative Commodity Research.

Tak jauh berbeda, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk juga terpantau naik ke level tertinggi sepanjang sejarah. Pada hari ini, Sabtu (22/2), harga emas Antam di Butik LM Pulogadung naik Rp11.000 sehingga melesat ke level Rp804 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali yang juga naik Rp11.000 menjadi Rp725 ribu per gram. Di Pegadaian, harga emas cetakan Antam pun berada di posisi Rp803 ribu per gram, sedangkan cetakan UBS harganya Rp797 ribu per gram.

Loading...