Harga Emas Melambung Seiring Kekhawatiran Kondisi Ekonomi Global

Harga Emas - sindonews.comHarga Emas - sindonews.com

Chicago – Pada perdagangan Jumat (8/2) waktu setempat, berakhir menguat seiring dengan bursa yang melemah, sehingga mendorong tingginya terhadap . Penguatan harga emas ini sekaligus mengurangi kerugian mingguan.

Menurut Direktur RBC Wealth Management, George Gero, pergerakan harga emas didukung oleh ancaman penutupan pemerintahan atau government shutdown Amerika Serikat (AS) lainnya dan kekhawatiran terhadap Brexit. “Pembeli di Eropa juga bertemu dengan pembeli emas di China usai tahun baru Imlek. keuangan di China tutup dan akan kembali dibuka pada Senin,” ujar Gero, Sabtu (9/2), seperti dilansir Marketwatch melalui Liputan6.

Adapun harga emas untuk pengiriman April 2019 di divisi Comex naik 4,3 atau 0,3 persen menjadi 1.318,50 per ounce. Harga emas telah turun sebesar 0,3 persen pada pekan ini. Sementara itu, harga emas berdasarkan kontrak paling aktif masih naik 2,9 persen dari akhir tahun lalu.

Emas dilaporkan berhasil melambung akibat kekhawatiran terhadap pertumbuhan global. Terlebih karena bank sentral Eropa (ECB) pada pekan lalu mengambil sikap yang lebih dovish dari perkiraan, seiring dengan berlanjutnya pelemahan data ekonomi zona Euro.

Sementara itu, pekan lalu Federal Reserve juga mengajukan pasar lewat pernyataannya yang dovish, sehingga membuat pergerakan acuan cenderung tertahan sampai pertemuan lebih lanjut. Bank sentral Australia dan Inggris juga senada, seiring prospek pertumbuhan ekonomi yang suram di tengah ketidakpastian Brexit.

“Fakta bahwa kita melihat bank-bank sentral utama berubah dovish pada saat yang sama mungkin mengkhawatirkan bagi beberapa investor. Ini mungkin menjelaskan mengapa saham gagal mempertahankan relinya. Akan tetapi, ini berita bagus untuk obligasi,” ucap Analis Forex, Fawad Razaqzada.

Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk di Butik LM Pulogadung, Jakarta hari ini, Sabtu (9/2) terpantau naik tipis sebesar Rp 1.000 dari Rp 665 ribu menjadi Rp 666 ribu per 1 gram. Sedangkan harga pembelian kembali atau buyback emas naik Rp 2.000 menjadi Rp 589 ribu per gram. Kemudian harga emas Antam di Pegadaian hari ini tercatat di angka Rp 692 ribu per gram, dan emas cetakan UBS Rp 656 ribu per gram.

Loading...