Harga Emas Dunia Naik ke Level Tertinggi, Emas Antam Justru Anjlok

Harga emas - Tribunnews.comHarga emas - Tribunnews.com

Jakarta emas naik pada Jumat atau Sabtu pagi WIB dan ada di pekan terbaik dalam lebih dari 3 tahun terakhir. Kenaikan harga emas ini dipicu oleh negative yielding debt di seluruh dunia, aksi dovish , dan meningkatnya tensi perdagangan antara Amerika Serikat dengan China. Hal itulah yang menyebabkan harga emas menginjak level USD1.500.

Adapun harga emas di spot mengalami kenaikan sebesar 0,3 persen menjadi USD1.503,69 per ounce, usai melebihi angka USD1.500 untuk pertama kalinya sejak April 2013 pada awal minggu ini. Sedangkan untuk harga emas berjangka AS juga naik 0,4 persen jadi USD1.515,2 per ounce, demikian seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

“Harga emas saat ini berada di lingkungan yang sempurna. Untuk itu antara bank sentral (antar ) memangkas dan menghasilkan negatif utang. Harga emas telah naik sangat tinggi dan akan mencapai titik di mana orang akan mulai mempertanyakan apakah itu overbought,” ujar Analis Pasar Senior OANDA, Craig Erlam.

Ditambah lagi, langkah dari sejumlah bank sentral di dunia seperti Bank Sentral Selandia Baru, Thailand, dan India yang memangkas suku bunga juga cukup mengejutkan pasar. Hal tersebut sekaligus menunjukkan bahwa amunisi para pembuat kebijakan yang semakin berkurang untuk melawan penurunan.

Bank sentral AS Federal Reserve juga melakukan pemotongan suku bunga acuan untuk pertama kalinya sejak 2008 pada pekan lalu. “Perang dagang membuat pasar gila. Kami tidak mengesampingkan koreksi teknis, tetapi (harga emas) USD1.500 sekarang adalah kondisi normal baru kecuali perdagangan mengambil arah yang benar,” ungkap Jigar Trivedi, analis komoditas di Anand Rathi Saham & Pialang Saham yang berbasis di Mumbai.

“Jika kita bisa melewati USD1.520-USD1.560, itu akan mulai terlihat sangat bullish. Untuk itu bergerak sejauh itu di depan kita perlu melihat tanda yang lebih meyakinkan untuk sesuatu yang lebih gelap,” imbuh Erlam.

Sementara itu, harga emas PT Aneka Tambang () Tbk pada hari ini, Sabtu (10/8), terpantau turun Rp5.000 menjadi Rp747 ribu per 1 gram dengan harga buyback atau kembali yang turun Rp4.000 menjadi Rp674 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian harga emas cetakan Antam hari ini berada di angka Rp765 ribu per gram dan cetakan UBS Rp753 ribu per gram.

Loading...