Harga Emas Keok di Tengah Data Ekonomi AS yang Positif

Harga Emas - id.techinasia.comHarga Emas - id.techinasia.com

New York – Harga berjangka saat ini dilaporkan sedang anjlok ke level terendah dalam lebih dari 2 pekan. Selama seminggu ini harga juga tergerus di tengah penguatan tipis dolar AS dan lonjakan sentimen konsumen .

Adapun harga emas untuk kontrak Juni 2019 di divisi Comex terpantau turun USD 10,50 atau 0,8 persen ke level USD 1.275,70 per ounce. Angka tersebut sekaligus menandai penyelesaian kontrak paling aktif sejak 2 Mei 2019 berdasar FactSet. Pelemahan yang dialami oleh logam mulia ini sekaligus mengakibatkan harga emas untuk kontrak paling aktif turun 0,9 persen pada minggu ini.

“Nada berisiko tidak memberikan tawaran kuat untuk emas pada Jumat pekan ini. Hal itu terutama disebabkan oleh kekuatan keseluruhan yang dilihat dari data AS pekan ini dan pandangan optimis yang dilihat pada perusahaan,” kata Senior Oanda, Edward Moya, Sabtu (18/5), seperti dilansir Marketwatch melalui Liputan6.

Harga emas sendiri sedikit naik usai bursa saham Amerika Serikat melemah di awal . Hal tersebut terjadi setelah mengungkapkan keraguannya terkait kemungkinan segera tercapainya kesepakatan dengan AS. Pada Kamis dan Jumat, China mengirimkan sinyal yang jelas jika mereka belum bersedia melanjutkan pembahasan dengan AS.

Menurut juru bicara Kementerian Perdagangan, langkah pemerintah Amerika Serikat yang memutuskan untuk menaikkan tarif pada pekan lalu dan ancaman tarif impor tambahan China sebesar USD 300 miliar per tahun tidak tersentuh oleh bea baru. Ancaman itu justru menghasilkan kemunduran negosiasi yang cukup parah.

Tak jauh berbeda, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk pada perdagangan hari ini, Sabtu (18/5) pada pukul 08.18 WIB juga terpantau turun sebesar Rp 2.000 dari Rp 665 ribu menjadi hanya Rp 663 ribu per 1 gram. Demikian pula dengan harga pembelian kembali atau buyback emas Antam hari ini pun turun Rp 2.000 dari Rp 590 ribu per gram jadi Rp 588 ribu per gram menurut data dari Butik Emas LM Pulo Gadung Jakarta. Sedangkan di Pegadaian, harga emas batangan 1 gram cetakan UBS berada di angka Rp 667 ribu per gram.

Loading...