Cenderung Turun, Simak Harga Emas Hari Ini

Harga Emas - blog.e-mas.comHarga Emas - blog.e-mas.com

JAKARTA – memang cenderung mengalami penurunan pada beberapa pekan terakhir, setelah sempat mengalami lonjakan gila-gilaan saat pandemi Covid-19 mulai mewabah dunia. Tidak hanya di , emas juga terpantau turun di pasaran dalam negeri, termasuk yang ditawarkan di PT Pegadaian.

Dilansir dari Antara, kontrak harga emas paling aktif untuk April di Divisi COMEX New York Change terkikis 2,80 dolar AS atau 0,16 persen menjadi ditutup di level 1.719,80 dolar AS per ounce pada Jumat (12/3) waktu setempat atau Sabtu (13/3) pagi hari. Sehari sebelumnya, emas berjangka sempat naik tipis 0,8 dolar AS atau 0,05% ke level 1.722,60 dolar AS per ounce.

Banderol logam mulia mendapatkan tekanan ketika imbal hasil AS naik setinggi 1,642 persen atau posisi puncak dalam lebih dari satu tahun. Beberapa investor memandang emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang lebih tinggi dapat mengikuti langkah-langkah stimulus AS, tetapi yield yang lebih tinggi menumpulkan daya tarik komoditas non-imbal hasil.

“Stimulus ekonomi AS yang membuat pasar global dibanjiri oleh likuiditas dolar AS sebelumnya telah membuat harga emas naik,” terang ekonom Gunawan Benjamin, seperti dikutip dari Okezone. “Namun, kondisinya saat ini berbalik. Stimulus fiskal sebanyak Rp27.000 triliun di AS berpeluang membuat harga emas turun dalam jangka panjang.”

Menurut Gunawan, persoalan sebenarnya bukan terletak pada stimulus tersebut. Menurut dia, data ekonomi yang muncul belakangan ini menunjukkan angka yang cukup baik, sehingga diyakini dapat menopang kinerja ekonomi Negeri Paman Sam dalam jangka panjang. “Data inflasi, ketenagakerjaan, pengangguran, hingga data ekonomi lain membuktikan pemulihan mulai terlihat,” lanjut Gunawan.

Penurunan harga emas di pasaran global merembet ke pasaran dalam negeri. Dilansir dari Liputan6, harga beberapa emas di PT Pegadaian terpantau mengalami pelemahan. Harga emas Antam Retro 0,5 gram misalnya, kemarin (12/3) Rp439.000, sekarang menjadi Rp435.000, sedangkan harga emas Antam Retro 1 gram yang sebelumnya Rp878.000, saat ini turun menjadi Rp869.000.

Selain emas Antam Retro, harga emas UBS juga terpantau mengalami penurunan. Untuk emas berat 0,5 gram, saat ini dijual dengan harga Rp487.000 dari sebelumnya Rp491.000. Kemudian, harga emas UBS 1 gram yang sebelumnya Rp921.000, sekarang turun menjadi Rp913.000. Sementara itu, harga emas Antam Batik di Pegadaian terpantau stabil.

Loading...