Imbas Pemulihan Pasar Ekuitas, Harga Emas Melorot

Harga Emas - www.cermati.comHarga Emas - www.cermati.com

Jakarta rupanya tergelincir pada hari Jumat atau Sabtu WIB di tengah pemulihannya di ekuitas dan juga imbal hasil treasury. Walau begitu, harga dilaporkan masih ada di jalur untuk kenaikan bulanan keempat berturut-turut lantaran timbulnya kekhawatiran resesi dan juga ketidakpastian antara Amerika Serikat dengan China. Hal itulah yang membuat para pelaku pasar lebih tertarik untuk menyimpan dananya di aset-aset safe haven.

Seperti dilansir CNBC melalui Liputan6, harga emas di pasar spot terpantau turun sebesar 0,5 persen jadi USD1.520,40 per ounce, namun telah mengalami kenaikan hingga 7,4 persen pada bulan Agustus 2019 ini. Sementara itu untuk harga emas berjangka Amerika Serikat berakhir turun 0,5 persen ke level USD1.529,40.

Menurut di Standard Chartered Bank, Suki Cooper, pasar saat ini masih menantikan kabar terbaru terkait perdagangan. “Saat ini, pasar emas difokuskan pada dampak dalam hal global dan apakah kita akan terus melihat bank sentral di seluruh dunia mengurangi kebijakan moneter,” jelas Suki.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan, tim perunding perdagangan China dengan Amerika Serikat berupaya untuk mempertahankan komunikasi yang efektif, satu hari usai kedua pihak mendiskusikan putaran perundingan langsung selanjutnya pada bulan September. Pihak Kementerian Perdagangan China juga mengungkapkan bahwa putaran pertemuan September masih dibahas lebih lanjut oleh AS dan China. Tetapi mereka mencatat bahwa penting untuk pihak Washington supaya bersedia membatalkan kenaikan tarif.

Indikasi yang positif dalam konflik perdagangan ini juga berhasil mengatrol saham dunia ke posisi tertinggi dalam sepekan, tetapi membuat kenaikan harga emas pun terbatas. “Emas akan memiliki beta yang sangat tinggi untuk setiap pengurangan ketegangan perdagangan mengingat bahwa mereka telah mendorong begitu banyak rally,” ungkap analis OANDA Jeffrey Halley.

Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (31/8) terpantau turun Rp3.000 menjadi Rp763 ribu per 1 gram dengan harga buyback atau kembali yang juga Rp3.000 jadi Rp690 ribu. Sedangkan di Pegadaian harga logam mulia cetakan Antam hari ini berada di angka Rp794 ribu per gram dan cetakan UBS Rp778 ribu per gram.

Loading...