The Fed Tebar Optimisme di Pasar AS, Harga Emas Hari Ini Tergelincir

Emas batangan (sumber: cnbc.com)Emas batangan (sumber: cnbc.com)

Jakarta – Pada Jumat mengalami penurunan sebesar 1 persen lantaran pernyataan bernada optimis dari Ketua AS Jerome Powell. Pidato dari Powell ini juga dinilai dapat mengimbangi laporan pendapatan di luar sektor pertanian AS yang ternyata lebih rendah dari prediksi pasar. Penurunan pada Jumat ini sekaligus membuat mengalami kerugian mingguan kedua secara berturut-turut.

emas di pasar spot dilaporkan turun sebesar 0,7 persen ke level USD1.508 per ounce, usai melemah lebih dari 1 persen di awal perdagangan. Sedangkan emas berjangka berakhir turun USD10 ke posisi USD 1.515,50 per ons.

Seperti dilansir CNBC melalui Liputan6, berdasarkan laporan ketenagakerjaan bulanan dari Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, pertumbuhan pekerjaan melambat lebih dari yang diharapkan pada bulan Agustus 2019. Sementara itu, perekrutan di sektor ritel juga dilaporkan menurun selama 7 bulan. Lewat sambutannya di Zurich, Powell mengatakan bahwa laporan pekerjaan konsisten dengan pasar tenaga kerja AS yang cukup kuat.

Lebih lanjut Ketua mengungkapkan, walaupun ada ketidakpastian perdagangan, ia justru melihat bahwa AS tidak sedang dalam tahap resesi. “Harga emas sedikit turun karena nada Powell sedikit optimistis. Dia menunjukkan bahwa ekonomi AS masih berkinerja baik. Padahal pasar mengharapkan ucapannya sedikit dovish,” ujar Edward Moya, analis pasar senior dengan OANDA.

“Prospek jangka panjang keseluruhan untuk emas, bagaimanapun tetap kuat dan itu akan sedikit berombak masuk ke keputusan pada pertengahan September. Alasan utama kita melihat harga emas masih cerah adalah stimulus dari The Fed dan Bank sentral China akan terus datang. Investor tidak mengharapkan penurunan 50 basis poin dalam pertemuan Fed September, tetapi mereka mengharapkan pembicaraan akan ada di sana,” sambung Moya.

Tak jauh berbeda, dari dalam negeri harga emas PT Aneka Tambang () Tbk juga mengalami penurunan. Menurut data dari Butik LM Pulogadung, Jakarta, harga emas hari ini, Sabtu (7/9), dijual di angka Rp759 ribu per 1 , turun Rp6 ribu dari perdagangan sebelumnya. Kemudian untuk harga kembali atau buyback juga turun Rp4 ribu menjadi Rp684 ribu . Sementara itu, di Pegadaian harga emas cetakan Antam Rp799 ribu dan cetakan UBS Rp753 ribu .

Loading...