Kekhawatiran Virus Corona Meningkat, Harga Emas Melambung di Akhir Pekan

Harga Emas - sindonews.comHarga Emas - sindonews.com

Jakarta mengalami kenaikan pada Jumat atau Sabtu pagi WIB dan berada di jalur untuk kenaikan terbesar dalam 5 bulan lantaran kekhawatiran perlambatan di tengah mewabahnya virus corona di dan negara lain.

Harga mulia emas di spot dilaporkan naik 0,75 persen ke angka USD1.585,8 per ounce. Emas telah melonjak 4 persen sebulan ini, berada di jalur untuk kenaikan bulan terbaik sejak Agustus 2019 lalu. Sementara itu, harga emas berjangka AS meningkat 0,1 persen jadi USD1.590,8 per ons.

Pada Kamis (30/1) lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah koronavirus sebagai keadaan darurat . WHO juga menentang pembatasan atau dengan China dan menunjukkan keyakinan bahwa China dapat menahan penyebaran virus tersebut.

“Virus dan potensinya untuk mempengaruhi ekonomi global secara negatif membuat emas tetap berpotensi naik. Namun, kurangnya pembelian baru membuat harga emas tidak bergerak naik meskipun ketidakpastian seputar coronavirus memengaruhi pasar lain seperti ekuitas,” ujar analis Saxo Bank, Ole Hansen, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Sebagai informasi, virus corona sejauh ini telah memakan korban sebanyak 213 jiwa di China dan telah menyebar ke sekitar 22 negara. Penyebaran virus ini pula yang telah menghentikan ekonomi di provinsi terbesar kedua di dunia tersebut. Pasar dunia sedang berjuang untuk kembali memperoleh pijakan lantaran berharap China bisa bertahan menghadapi virus corona.

“Pada titik ini, itu (dampak dari virus) bukanlah sesuatu yang dapat diabaikan oleh ekonomi China. Akan ada pukulan terhadap pertumbuhan, yang besarnya akan sulit digambarkan secara rinci untuk sementara waktu,” ungkap Ilya Spivak, ahli strategi mata uang senior di DailyFx. “Ketakutan Wuhan harus memastikan bahwa penembusan di bawah USD1.560 sangat tidak mungkin menjelang akhir pekan,” imbuh Jeffrey Halley, analis pasar senior di OANDA.

Di sisi lain, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (1/2), naik Rp7.000 menjadi Rp781 ribu per gram dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga naik Rp7.000 di angka Rp697 ribu per 1 gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan Antam per gram dijual Rp782 ribu dan cetakan UBS Rp772 ribu.

Loading...