Data Pekerjaan AS Positif, Harga Emas Hari Ini Merosot

Harga emas - okezone.comHarga emas - okezone.com

Jakarta emas mengalami penurunan sebesar 1 persen pada Jumat atau Sabtu pagi WIB lantaran data Amerika Serikat yang kuat. Sentimen itu juga memengaruhi rencana untuk mempertahankan suku bunga acuannya dan mendorong untuk aset berisiko.

lapangan kerja di AS mengalami peningkatan yang paling besar dalam 10 bulan pada November 2019 lalu, sehingga membenarkan jika tetap tumbuh moderat meski ada penurunan yang berkepanjangan. Pada Sabtu, harga emas di spot turun 1 persen jadi USD1.461,01 per ounce, sedangkan emas berjangka AS berakhir turun 1,1 persen menjadi USD1.465,1 per ons.

“Laporan pekerjaan yang lebih baik dari perkiraan telah merusak permintaan untuk safe-haven seperti emas,” ujar David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Dalam waktu dekat ini pasar masih akan terus mencermati pertemuan The Fed yang diselenggarakan pada Selasa dan Rabu minggu depan. The Fed diprediksi akan menahan suku bunga acuannya di level 1,50 persen sampai 1,75 persen. “Laporan (pekerjaan) di luar dugaan membuat kubu kebijakan moneter AS yang tidak ingin melihat suku bunga naik dalam waktu dekat, dan itu memberikan sentimen bearish untuk pasar logam,” jelas analis senior Kitco Metals Jim Wyckoff.

“Di sisi teknis, penutupan di bawah area USD1.460-65 dapat membuka emas hingga level terendah USD1.445-47 November, dan lebih dari itu menuju area stagnan di USD1.400 – USD1.420 selama musim panas,” imbuh Tai Wong, kepala logam dasar dan logam mulia perdagangan derivatif di BMO.

Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (7/12) pada pukul 07.02 WIB terpantau turun Rp4.000 dari level Rp751 ribu menjadi Rp747 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga turun sebesar Rp5.500 ke Rp662.500 per gram. Sedangkan di Pegadaian harga logam mulia emas cetakan Antam dibanderol Rp775 ribu per gram dan cetakan UBS lebih murah, yakni Rp749 ribu per gram.

Loading...