Sejumlah Negara Longgarkan Lockdown, Harga Emas Mulai Turun

Harga Emas - uangteman.comHarga Emas - uangteman.com

Jakarta kembali menurun pada Jumat atau Sabtu pagi WIB dari level tertinggi dalam hampir 2 pekan. Hal ini terjadi karena ekspektasi pasar terkait dibuka kembali setelah lockdown mulai tumbuh. Selain itu, langkah stimulus pun terus membuat harga berada di jalur kenaikan mingguan.

Harga emas di pasar spot terpantau turun 0,5 persen ke level USD1.709,30 per ounce usai mencapai angka USD1.722,56 per ons, level tertinggi sejak 27 April 2020. Emas mengalami kenaikan 0,6 persen pada pekan ini. Emas berjangka turun 0,6 persen menjadi USD1.715,10.

Daya tarik emas mulai menurun karena data di AS menunjukkan angka pengangguran bulan April 2020 mencapai 20,5 juta, kurang dari ekspektasi sebesar 22 juta. Tingkat pengangguran di Amerika Serikat 14,7 persen lebih rendah dari prediksi pasar sebesar 16 persen.

Akan tetapi, secara keseluruhan ekonomi Amerika Serikat mengalami penurunan bulanan paling tajam dalam daftar gaji sejak depresi hebat. Hal ini menjadi tanda paling mencolok bagaimana pandemi corona (Covid-19) menghancurkan ekonomi AS. “Meskipun jumlah jelas dramatis di belakang itu kita melihat sedikit optimisme dengan ekonomi dibuka kembali secara perlahan di AS,” ujar David Meger, direktur logam di High Ridge Futures, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Sementara itu, data non-farm payrolls April mengangkat pasar AS menambah optimisme dari berkurangnya ketegangan antara Washington dan Beijing. Indeks Wall Street ada di jalur kenaikan mingguan pertama dalam 3 pekan terakhir. Hal tersebut dikarenakan menaruh harapan pada rantai pasokan yang kembali ke jalurnya dan kebangkitan konsumen usai sejumlah negara bagian AS membuka kembali ekonomi.

“Namun pendorong utama untuk kekuatan emas mengenai suku bunga nol, pengeluaran besar-besaran dan keprihatinan mendalam tentang gelombang kedua infeksi. Sentimen ini tetap kuat sehingga prospek emas tetap kuat dalam jangka menengah,” ujar Tai Wong, kepala pangkalan dan berharga perdagangan derivatif logam di BMO.

Di sisi lain, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (9/5), turun Rp7.000 jadi Rp911 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali (buyback) yang juga turun Rp7.000 menjadi Rp812 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan Antam hari ini dijual Rp949 ribu dan UBS Rp935 ribu per gram.

Loading...