Investor Mulai Tinggalkan Safe Haven, Harga Emas Hari Ini Turun Drastis

Harga Emas - finroll.comHarga Emas - finroll.com

Jakarta berbalik terperosok lebih dari 4 persen pada perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB karena prospek transisi kepemimpinan yang mulus di Washington, dan lonjakan imbal hasil Treasury AS yang menghantam logam mulia.

di pasar spot terpantau ke level USD1.828,36 per ounce, di mana penurunan terakhir sebesar 3,6 persen pada posisi USD1.843,06 per ons. Turunnya harga emas ini sekaligus tercatat sebagai minggu terburuk sejak November 2020. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat juga 4,1 persen jadi USD1.835,40 per ounce.

“Harga emas mengalami pergeseran fundamental yang besar bagi banyak dan mereka mulai meninggalkan perdagangan safe haven. Anda mungkin akan melihat bahwa pasar Treasury melihat aliran yang kuat dan itu menghilangkan beberapa daya tarik dari emas,” ungkap Edward Moya, pasar senior di OANDA, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Kendali Demokrat terhadap Senat AS telah menaikkan taruhan untuk stimulus ekonomi yang lebih besar, sehingga mengangkat imbal hasil 10 tahun ke level tertinggi sejak Maret 2020. Sejak Presiden AS Donald Trump menyetujui transisi kekuasaan yang teratur, rupanya terdapat sejumlah aksi ambil untung sementara. “Setelah emas menembus di bawah USD 1.900, beberapa pedagang momentum terus mengeksekusi perintah jual,” tutur Jeffrey Sica, pendiri Circle Squared Alternative Investments.

Sedangkan emas secara umum dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap yang bisa dihasilkan dari stimulus yang meluas, terutama tahun lalu, yang telah berubah karena imbal hasil obligasi yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang bagi pemegang emas yang tidak menghasilkan bunga. “Kami akan melihat lebih banyak stimulus dan pada akhirnya menaikkan suku bunga,” jelas Bart Melek, Kepala Strategi Komoditas di TD Securities.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (9/1/2021), terpantau turun Rp15.000 menjadi Rp954.000 per 1 , dengan harga pembelian kembali (buyback) yang juga turun Rp20.000 jadi Rp838.000 per . Di Pegadaian harga emas cetakan UBS dijual seharga Rp959 ribu per .

Loading...