Data Tenaga Kerja AS Rendah, Harga Emas Hari Ini Bersinar

Harga Emas - blog.e-mas.comHarga Emas - blog.e-mas.com

Jakarta rupanya memperpanjang relinya dan melonjak lebih dari 1 persen ke pekan terbaiknya sejak November tahun lalu usai penurunan tidak terduga dalam Amerika Serikat pada bulan April 2021. Hal tersebut yang juga mempercepat penurunan AS dan imbal hasil treasury AS.

Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat melaporkan bahwa jumlah pekerja AS naik hanya 266.000 pekerjaan pada bulan lalu, jauh dari perkiraan. Hal itu pula yang membuat para pengusaha kemungkinan frustrasi oleh kekurangan tenaga kerja ketika dibuka kembali.

Pada hari ini, Sabtu (8/5), harga emas di spot naik 1,2 persen jadi USD1.837,54 per ounce usai sempat melonjak 1,5 persen ke level tertinggi sejak 11 Februari 2021 pada posisi USD1.842,91. Kenaikan sebesar 3,8 persen sejauh ini membuat emas ada di jalur untuk minggu terbaiknya sejak awal November 2020. Sementara itu, harga emas berjangka AS juga naik 1,3 persen jadi USD1.838,80.

“Dengan kehilangan total pada angka (pekerjaan), imbal hasil akan terkompresi untuk saat ini dan indeks dolar juga menembus di bawah level support, memungkinkan emas untuk melonjak,” kata Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Namun, reli harga emas mungkin hanya sementara lantaran data pekerjaan bulan depan bisa saja menunjukkan angka lebih tinggi, sehingga mengakibatkan imbal hasil mulai meningkat. Indeks dolar AS pun memperpanjang penurunan pasca data tenaga kerja dirilis, sementara pasokan imbal hasil Treasury AS juga turun, diterjemahkan dalam biaya peluang yang lebih rendah untuk menahan bullion tanpa bunga.

“Momentum jangka pendek emas dapat bergerak menuju level USD 1.857, yang dapat diikuti oleh pergerakan menuju level resistance $1.925,” imbuh Edward Moya, analis pasar senior di OANDA. Namun, memudarnya permintaan emas di India tetap jadi hambatan potensial, dengan konsumen emas terbesar kedua di dunia sedang dalam kondisi memprihatinkan di tengah pandemi Covid-19 yang memburuk di sana.

Di sisi lain, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini terpantau naik tipis sebsar Rp3.000 jadi Rp937 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali (buyback) yang juga naik Rp3.000 jadi Rp841 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian harga emas cetakan Antam Rp975 ribu per gram dan cetakan UBS Rp940 ribu per gram.

Loading...