Harga Emas Melambung Seiring Redupnya Prospek Pertumbuhan Ekonomi

Harga Emas - www.sbma.org.sgHarga Emas - www.sbma.org.sg

Jakarta emas kembali melonjak dan ada di jalur kenaikan mingguan terbesar sejak Januari 2009. Naiknya emas ini masih disebabkan oleh yang menghambat prospek dan membuat para pelaku pasar panik mencari aset safe haven.

Harga emas di pasar spot 0,5 persen jadi USD1.678,25 per ounce. Sebelumnya, harga emas sempat mencapai level USD1.689,65 atau naik 1,2 persen, level tertinggi sejak Januari 2013. Harga emas dunia sudah melonjak sekitar 6,3 persen pekan ini. Sementara itu, harga emas berjangka AS 0,5 persen jadi USD1.679,50 per ons.

“Kenaikan emas didorong oleh kekhawatiran tentang dampak ekonomi dari ,” ujar Peter Fertig, Analis Quantitative Commodity Research, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Emas ada di posisi kenaikan mingguan terbesar sejak Januari 2009 lantaran penyebaran virus corona telah menghambat pertumbuhan ekonomi. “Pasar tidak memiliki pemahaman tentang apa yang sedang terjadi. membeli obligasi serta emas sebagai asuransi dari prospek ekonomi yang memburuk,” ungkap Analis SP Angel, Sergey Raevskiy.

Harga emas kabarnya sempat turun dengan komoditas lain seperti minyak usai OPEC gagal mencapai kesepakatan. Emas anjlok 7 persen ke posisi terendah multi-tahun lantaran sekutu OPEC menolak pengurangan tambahan yang diusulkan OPEC. Lalu juga karena adanya laporan pertanyaan terkait apakah pemotongan yang ada bakal diperpanjang.

“Emas sedang mencari untuk menjadi salah satu aset yang paling menarik untuk dimiliki sekarang karena suku bunga jangka pendek turun mendekati nol dan sebagian besar pendapatan ekuitas juga diperkirakan akan turun,” ungkap analis Phillip Futures

Dari dalam negeri, harga emas PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (7/3), terpantau naik Rp5.000 dari Rp837 ribu menjadi Rp842 ribu per 1 gram. Sedangkan harga pembelian kembali atau buyback emas Antam juga naik Rp5.000 dari Rp760 ribu sekarang jadi Rp765 ribu per gram. Di Pegadaian, harga emas cetakan Antam dijual Rp854 ribu per gram, sama dengan harga emas cetakan UBS.

Loading...