Emas Dunia Stabil, Harga Emas Antam Hari Ini Sedikit Turun

Harga Emas - id.techinasia.comHarga Emas - id.techinasia.com

Jakarta – Harga emas terpantau stabil pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB, berbalik arah usai data ketenagakerjaan Amerika Serikat dilaporkan lebih baik dari perkiraan dan mendukung nilai tukar AS. Alhasil harga emas berada di jalur penurunan mingguan lebih dari 2 persen. Adapun harga emas cenderung datar di level USD1.930,11 per ounce, sedangkan harga emas berjangka AS berakhir melemah USD3,50 di posisi USD1.934,30 per ons.

“Korelasi harga emas dengan dolar telah meningkat, terutama selama beberapa minggu terakhir dan harga emas batangan sedang terbebani oleh kenaikan dalam menyusul laporan yang solid, terutama tingkat pengangguran,” ujar Tai Wong, Kepala Basis dan Mulia Derivatif di BMO, seperti dilansir Liputan6.

Sementara itu, indeks dolar AS terpantau naik 0,5 persen dan menempatkannya pada jalur terbaik secara mingguan sejak awal April 2020 lalu, sehingga membuat harga emas mahal untuk pemegang lain. Data terbaru menunjukkan bahwa non-farm payrolls naik 1,371 juta pekerjaan pada Agustus 2020, dengan tingkat pengangguran turun 8,4 persen dari 10,2 persen pada Juli 2020.

“Namun, data ini tidak mengubah sikap AS tentang lebih banyak stimulus untuk dipompa ke dalam dan mengambil toleransi terhadap tingkat inflasi yang lebih tinggi, menjaga harga emas tetap didukung dalam jangka panjang,” ungkap Michael Matousek, Kepala Pedagang di US Global Investor.

Sejauh ini harga logam mulia sudah mengalami kenaikan lebih dari 26 persen, dibantu dengan suku bunga mendekati nol secara global serta kebijakan moneter yang mudah, khususnya dari Federal Reserve, dan permintaan safe haven yang tinggi dipicu oleh ketidakpastian ekonomi akibat pandemi (-19).

“Kisaran (harga emas) USD1.900-USD2.000 yang bergolak ini diakhiri dengan lebih tinggi terutama dengan The Fed sekarang secara resmi meningkatkan lapangan kerja atas inflasi dalam jangka menengah,” beber Wong.

Sedangkan dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (5/9), turun Rp3.000 menjadi Rp1.021.000 per 1 gram, dengan harga pembelian kembali (buyback) yang juga turun Rp2.000 jadi Rp921.000 per gram. Sementara itu, di Pegadaian emas cetakan Antam dijual Rp1.052.000 dan cetakan UBS Rp1.025.000 per gram.

Loading...