Emas Kembali Bersinar di Tengah Ketidakpastian Ekonomi & Politik Global

Ilustrasi: emas batangan 100 gramIlustrasi: emas batangan 100 gram

Jakarta cenderung bergerak stabil pada hari Jumat atau Sabtu pagi WIB lantaran meningkatnya kekhawatiran pasar terhadap lonjakan kasus virus corona (Covid-19) secara dan berlanjutnya konflik antara Amerika Serikat dengan China.

di pasar spot terpantau tidak berubah di angka USD1.775,12 per ons. Pasar di AS tutup pada hari Jumat untuk merayakan Hari Kemerdekaan mereka tanggal 4 Juli. Sedangkan berjangka di Amerika Serikat turun tipis sebesar 0,1 persen ke harga USD1.787,80 per ounce.

“Keraguan yang menggerogoti tampaknya tetap dalam pikiran investor tentang ledakan kasus Covid-19 di AS. Pertimbangan geopolitik juga mengemuka dengan hari liburan di AS, dan pada akhir pekan bersama kami, beberapa surga yang diarahkan untuk membeli emas jelas terbukti,” ujar Jeffrey Halley, Analis Pasar Senior di OANDA, seperti dilansir dari CNBC melalui Liputan6.

Sementara itu, negara bagian Florida melaporkan lebih dari 10 ribu kasus baru virus corona pada Kamis pekan ini. Setidaknya sudah ada lebih dari 10,76 juta orang yang terinfeksi Covid-19 di seluruh dunia. Pasar pun terus mewaspadai hubungan perdagangan antara China dan AS.

Terdapat lebih dari 75 anggota kongres AS yang melayangkan surat pada AS Donald Trump untuk mendesaknya segera mengambil keputusan resmi tentang apakah perlakuan China terhadap kaum muslim Uighur dan kelompok lainnya merupakan kekejaman. Di tengah kondisi politik dan dunia yang sedang tidak menentu, emas dianggap para investor sebagai aset investasi yang aman.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang () Tbk menurut update terakhir hari Jumat (3/7) kemarin terpantau naik Rp13 ribu menjadi Rp928 ribu per 1 dengan harga pembelian kembali atau buyback emas naik tipis sebesar Rp3 ribu dari Rp825 ribu jadi Rp828 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian harga emas cetakan pecahan 1 gram dijual Rp928 ribu dan cetakan UBS harganya terpaut sedikit lebih murah, Rp918 ribu per gram.

Loading...