Reli Dolar AS Terhenti, Harga Emas Kembali Melambung

Emas batanganEmas batangan

Jakarta – Harga melambung pada Jumat atau Sabtu pagi WIB. Naiknya harga tersebut dipicu oleh terhentinya reli AS, seiring dengan kekhawatiran atas meningkatnya kasus (Covid-19) dan ketidakpastian menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat minggu depan yang menawarkan dukungan untuk emas.

di spot dilaporkan naik 0,6 persen menjadi USD1.879,01 usai dua sesi penurunan tajam berturut-turut, sedangkan Bullion harganya turun 0,3 persen bulan ini, dan harga emas berjangka AS ditutup menguat 0,6 persen jadi USD1.879,90.

“Harga emas rebound karena dolar sebagian membalikkan reli dua hari yang mengejutkan. Investor menemukan bagian bawah kisaran baru-baru ini sebagai tingkat yang baik untuk menambah kepemilikan emas menjelang pemilihan umum yang diperebutkan minggu depan, yang tampaknya akan mengembalikan satu partai yang berarti stimulus yang jauh lebih besar dan lebih cepat,” tutur Tai Wong, Kepala Perdagangan Derivatif Logam Dasar dan Mulia di BMO.

Sementara itu, indeks dolar AS stabil terhadap lain usai melonjak ke level tertinggi dalam satu bulan pada sesi perdagangan sebelumnya. Harga emas yang sudah naik 24 persen sepanjang tahun 2020 ini cenderung diuntungkan dari langkah-langkah stimulus yang luas dari bank sentral lantaran secara umum dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai . Terlebih karena kekhawatiran para investor terkait lonjakan kasus virus corona (Covid-19) di AS dan Eropa telah mengurangi minat pasar terhadap aset berisiko.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT (Antam) menurut perubahan terakhir hari ini, Sabtu (31/10), terpantau naik Rp4 ribu menjadi Rp996 ribu per 1 gram. Adapun harga pembelian kembali atau buyback emas Antam saat ini juga naik Rp4 ribu ke angka Rp888 ribu per gram. Harga tersebut berlaku di Butik Emas LM Pulo Gadung, Jakarta. Sedangkan di Pegadaian, harga emas batangan cetakan UBS per tanggal 31 Oktober 2020 dijual Rp1.009.000 per gram, sedangkan untuk emas Antam stoknya sedang kosong.

Loading...