Harga Emas Hari Ini Turun Usai Trump Akui Positif Covid-19

Harga Emas - sahabatpegadaian.comHarga Emas - sahabatpegadaian.com

Jakarta mengalami penurunan ke angka USD1.900 pada perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB usai kenaikannya dibatasi oleh penguatan indeks dolar AS. Akan tetapi, emas batangan tetap pada tren kenaikan mingguan terbesar dalam 8 pekan karena Covid-19 Amerika Serikat telah merusak sentimen risiko di .

Harga emas di pasar spot dilaporkan turun 0,2 persen ke angka USD1.900,40 per ounce. Harga logam mulai menguat 2,2 persen minggu ini, menuju persentase kenaikan mingguan terbesar sejak awal bulan Agustus 2020 lalu. Sementara itu, harga emas berjangka AS turun 0,5 persen jadi USD1.907,60.

tinggal 33 hari lagi, ada begitu banyak yang tidak diketahui, apakah ini kasus yang ringan, bagaimana dia akan bereaksi terhadapnya? Jadi kita harus terbang ke tempat yang aman untuk menjaga emas tetap bertahan. Pedagang tampak berhati-hati karena mereka khawatir tentang penjualan pasar ekuitas,” ujar Bob Haberkorn, Ahli Pasar Senior di RJO Futures.

Harga emas sudah naik ke level tertinggi lebih dari sepekan usai Trump menuliskan cuitan di akun Twitter-nya bahwa ia dan sang istri, Melania dinyatakan positif virus corona (Covid-19). Hal tersebut alhasil menghantam Wall Street. Meski demikian, Gedung Putih berupaya meyakinkan warga AS bahwa presiden “tidak lumpuh”.

Di samping itu, juga mencatat laporan ketenagakerjaan bulanan terakhir sebelum pemilihan presiden 3 November 2020 yang menunjukkan bahwa pertumbuhan pekerjaan AS melambat lebih dari perkiraan pada September 2020. “Harga emas kemungkinan akan tetap terikat dalam kisaran dalam jangka pendek. Pasar akan menunggu hingga akhir pekan dan mencari berita,” ucap Tai Wong, Kepala Perdagangan Derivatif Logam Dasar dan Mulia di BMO.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (3/10) terpantau turun tipis sebesar Rp1.000 menjadi Rp1.014.000 per 1 gram. Sedangkan harga pembelian kembali atau buyback emas Antam di Butik LM Pulogadung hari ini masih stabil di angka Rp908 ribu per gram atau tak mengalami perubahan dari perdagangan kemarin. Sementara itu, di Pegadaian harga jual emas cetakan Antam Rp1.058.000 dan cetakan UBS Rp1.005.000 per gram.

Loading...