Investor Ramai-Ramai Likuidasi Aset, Harga Emas Anjlok Cukup Dalam

Tumpukan emas batangan (sumber: elevenmyanmar.com)Tumpukan emas batangan (sumber: elevenmyanmar.com)

Jakarta mengalami pelemahan lebih dari 3 persen di akhir pekan ini, Jumat atau Sabtu pagi WIB. Turunnya ini diakibatkan pengaruh dari perkembangan virus yang meningkatkan kekhawatiran para investor sehingga mendesak mereka untuk melikuidasi aset secara keseluruhan.

“Banyak investor dan pedagang harus memenuhi panggilan margin untuk lain, sehingga mereka menjual apa yang mereka bisa. Itu sebabnya itu memukul emas dan saham pertambangan emas. Orang-orang berusaha menjual apa pun yang mereka bisa. Ini merupakan penjualan keseluruhan,” ujar Michael Matousek, kepala pedagang di Investor Global AS, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Pada hari ini, Sabtu (29/2), harga emas di spot turun 3,2 persen ke level USD 1.590,17 per ounce, sedangkan emas berjangka Amerika Serikat anjlok 3,5 persen ke angka USD1.585,30 per ons. Harga emas mengalami koreksi yang tajam di pekan ini usai menginjak level tertinggi 7 tahun di posisi USD1.688,66 pada Senin lalu. Emas kini berada di jalur untuk mencatat penurunan mingguan terbesar sejak November.

Virus corona telah menyebar secara cepat dan menimbulkan ketakutan akan terjadi pandemi, dengan 6 negara telah melaporkan kasus pertama mereka dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan jika virus tersebut bisa menyebar ke seluruh dunia. Kepanikan terhadap virus corona pun menyebabkan pasar saham dunia ke jalur untuk penurunan mingguan terburuk sejak 2008, dengan hampir USD6 triliun terhapus dari nilai pasar saham hingga minggu ini.

“Karena sentimen telah memburuk, investor telah menutup beberapa posisi terbuka mereka dalam mata uang, tetapi kemungkinan besar juga dalam emas. Oleh karena itu, harga emas telah gagal untuk membuat level tertinggi baru karena pasar ekuitas telah agresif dijual. Jika penghindaran risiko menyebabkan kepanikan, investor akan menemukan uang tunai dan aset yang sangat likuid lebih menarik. Mereka mungkin akan melikuidasi posisi investasi emas,” kata analis ABN Amro Georgette Boele.

Sementara itu, harga emas batangan PT () Tbk juga anjlok Rp10.000 menjadi Rp806 ribu per gram, dengan harga pembelian kembali (buyback) yang turun Rp10 ribu ke level Rp728 ribu per gram. Di Pegadaian, harga emas cetakan Rp824 ribu dan cetakan UBS Rp835 ribu per 1 gram.

Loading...